Perkuat Ukhuwah Islamiyah, Warga Nilam Permata Depok Bukan Sekadar Berkurban

0
305

depoktren.com – Silaturahim akan terasa indah jika dibarengi dengan berqurban. Ibadahnya dan kebersamaan berjalan seirama. Prinsip itu yang ditekankan warga Permata Depok Sektor Nilam, Kota Depok, Jawa Barat.

Sudah menjadi tradisi setiap 10 Dzul Hijjah, warga RT 005 RW o7 Kelurahan Pondok Jaya itu–khususnya umat Islam- menyembelih hewan kurban untuk kemudian dibagikan kepada warga sekitar yang membutuhkannya.

Panitia Qurban Idul Adha 1440 Hijriyah Mushola Al-Qolam Supardjiono menerima hewan kurban sebanyak 3 ekor sapi dan 5 ekor kambing.
Penyembelihan dilaksanakan bersama-sama warga usai sholat Idul Adha, Minggu (11/8).

Warga mulai dari anak anak, remaja, hingga orangtua begitu antusias melihat penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan di lapangan. Mereka juga terlibat dalam penyembelihan selain lima penjagal yang sengaja didatangkan.

“In Saah Allah hari ini selesai semuanya. Mulai dari penyembelihan hingga pembagian kepada warga di pemukiman tetangga. Kami menyiapkan 350 kupon diluar panitia, serta warga Permata Depok Sektor Nilam,” ujar Supardjiono.

Sementara Ketua DKM Mushola Al Qolam Haji Ngatijo menambahkan, Idul Adha juga memperkuat dan mengokohkan kembali ikatan ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathaniyah, ukhuwah insaniyah.

Tiap tahun warga Permata Depok Sektor Nilam selalu melakukan ibadah kurban. Karena itu dia berterima kasih kepada warga yang melaksanakan ibadah kurban. Hal itu menurutnya telah memberikan kegembiraan kepada saudara-saudara yang kekurangan. Semangat berkurban harus dilandasi dengan nilai-nilai keiklasan cinta kasih dan persaudaraan.

“Tahun lalu jumlah sapinya sama dengan sekarang, hanya kambingnya saja ada 7 ekor. Tapi, bagi kami ini sudah cukup berkah dan bersyukur karena warga begitu peduli dengan kegiatan ibadah sunnah muakkadah (sunnah yang sangat dianjurkan) ini,” kata Haji Ngatijo.

“Mudah-mudahan amanat dari warga atau jamaah Mushola Al-Qolam ini dapat kami distribusikan dengan lancar tanpa ada hambatan. Bagi warga yang sudah memberikan hewan kurban, semoga Allah SWT membalas segala kebaikannya dengan pahala yang berlipat ganda,” tuturnya.

Sebelumnya menurut Haji Ngatijo warga juga gotong royong melakukan renovasi Mushola Al-Qolam. Alhamdulillah, kata Ngatijo dana renovasi berasal dari warga setempat secara sukarela. Sehingga warga bisa menjalankan ibadah dengan nyaman dan tenang.

“Hanya sedikit dilebarkan saja, supaya bisa menampung jamaah lebih banyak dari biasanya. Sekali lagi terima kasih kepada seluruh warga yang telah berpartisipasi. Semoga amal ibadahnya digandakan Allah,” tukas Ngatijo.

“Inilah enaknya tinggal disini, guyup dan peduli. Ibadahnya jalan, silaturahimnya kuat,” timpal Anjasmoro, salah satu warga Nilam, Permata Depok.*suryansyah

304 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY