BPJS Kesehatan Depok Fasilitasi Pendaftaran Peserta PBI

0
78

www.depoktren.com–BPJS Kesehatan Kota Depok akan fasilitasi pendaftaran peserta Jaminan Kesehatan Nasional- Kartu Indonesia Sehat (JKN- KIS) Penerima Bantuan Iuran (PBI).Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di Kota Depok. BPJS Kesehatan Kota Depok akan berkordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok.

“Kami akan terus berkoordinasi dengan Dinsos Kota Depok dan Dinkes Kota Depok terkait peserta JKN- KIS PBI APBN di Kota Depok yang dinonaktifkan oleh pemerintah pusat. BPJS Kesehatan Kota Depok telah memberikan kemudahan dalam hal pendaftaran peserta PBI APBN yang memilih jalur mandiri,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Kota Depok, Irfan Qadarusman di Kantor BPJS Kota Depok, Rabu (14/8/2019).

Sebanyak 18.315 peserta BPJS Kesehatan PBI APBN di Kota Depok dinonaktifkan oleh pemerintah pusat. “Mereka adalah peserta yang tidak terdaftar pada Basis Data Terpadu (BDT) Kemensos. Kami telah memberikan kemudahan dalam proses pengalihan kepesertaan. Jika dari 18 ribuan peserta itu ada yang ingin beralih kepesertaan mandiri, akan kami berikan kemudahan. Kartu peserta akan aktif setelah didaftarkan tanpa menunggu sampai 14 hari kerja, namun batasnya hingga akhir Agustus 2019,” jelas Irfan.

Dia menambahkan, kepersertaan mandiri sama dengan membayar iuran secara mendiri. Sehingga tidak dibiayai lagi oleh pemerintah pusat. “Menurut Dinsos Kota Depok, sebanyak 18 ribu yang dikeluarkan itu akan diverifikasi ulang nantinya, apakah dapat masuk PBI kembali. Baik pendanaan dan pendataan menjadi ranah pemerintah, kami hanya bisa memberikan kumudahan dalam pengalihan jalur mandiri saja,” pungkas Irfan. (Papi Ipul/Rus)

78 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY