Masalah Teknis, Sampah Depok Belum Bisa Dibuang Ke TPA Nambo Bogor

0
60

www.depoktren.com–Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLHLK) Kota Depok, Ety Suryahati mengatakan hingga saat ini sampah yang ada di Kota Depok belum bisa dibuang ke Tempat Pemrosesan dan Pengolahan Akhir Sampah (TPPAS) Nambo, Kabupaten Bogor. “Sampah masih di buang ke TPA Cipayung, Kota Depok,” ujar Ety di Balai Kota Depok, Rabu (14/8/2019).

Ety mengutarakan alasan belum bisa dibuang ke TPA Nambo disebabkan pembahasan teknis sampai saat ini belum selesai. “Lagi pembahasan teknis karena teknis nya banyak yang harus diantisipasi karena ada perubahan fungsi,” terangnya.

Dia menamvahkan, pihaknya juga tidak bisa meprediksi kapan urusan teknik itu selesai sehingga sampah di Kota Depok bisa dibuang ke Nambo Bogor. “Kami masih komunikasi dan rapat teknik terus. Mudahan akhir tahun ini kita sudah bisa buang sampah ke Nambo, Bogor,” tegas Ety.

Sebelumnya Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mempersilakan Pemkot Depok agar membuang sampah ke TPA Nambo. “Ijinnya sudah dari saya tinggal Pemkot Depok menyelesaikan masalah teknisnya,” pungkasnya.

Kondisi TPA Cipayung sudah over kapasitas hal tersebut diungkapkan Kepala Unit Pelaksanaan Teknis Tempat Pembuangan Akhir (UPT TPA) Cipayung, Kota Depok, Ardan Kurniawan bahwa sampah yang ada di TPA itu sudah over kapasitas atau kelebihan daya tampung.

“Setiap hari ratusan ton sampah masuk ke TPA Cipayung, ketinggian gunung sampah saat ini di TPA Cipayung mencapai 25 meter. Perkiraan 850 ton sampai 900 ton sampah di Kota Depok,” ungkap Ardan.

Ketinggian gunung sampah di TPA Cipayung tentunya sangat menghawatirkan terjadinya longsor. “Maka dari itu, untuk mengurangi pembuangan sampah ke TPA Cipayung masyarakat dihimbau untuk melakukan pemilahan sampah organik dan non organik. Pemilahan sampah rumah tangga organik bisa diserahkan ke pengolahan sampah yang ada dan non organik disalurkan ke bank sampah, jadi sampah yang ke TPA bisa berkurang. Kami masih menunggu bisa buangan sampah ke TPA Regional Lulut-Nambo, Bogor,” pungkas Ardan. (Papi Ipul/Rus)

59 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY