Komunitas I-SO akan Terapkan Penanganan Sampah Terpadu di Depok

0
682

www.depoktren.com–Komunitas Inspirasi Solusi Indonesia (I-SO) akan menerapkan penanganan sampah secara terpadu di Kota Depok. Hal ini bertujuan untuk membantu menangani masalah sampah.

“Ide awal kami untuk menangani sampah secara terpadu, berangkat dari wilayah kami yang kebetulan dekat pinggir kali yang penuh sampah. Untuk itu, sebagai bukti kontribusi terhadap lingkungan, kami berinovasi dengan membuat aplikasi I-SO untuk menangani sampah,” ujar Pendiri Komunitas I-SO, Darmawan Haryanto dalam keterangan pers yang diterima depoktren, Kamis (15/8/2019).

Dia menjelaskan, dalam aplikasi tersebut terdapat tiga layanan. Yaitu I-Sort yaitu layanan pemilahan sampah dengan alat pemilah. Kedua, I-Take berupa layanan penjemputan sampah ke rumah-rumah yang menjadi mitra I-SO. Ketiga, I-Edu yaitu mengedukasi masyarakat untuk mencintai lingkungan.

“Selain itu, kita juga memiliki layanan I-Tram yaitu layanan pengolahan sampah organik dari lokasi-lokasi. Untuk pengelolaan sampah non-organik kita lakukan di showroom I-SO store yang merupakan salah satu retail di bidang lingkungan,” jelas Darmawan.

Menurut Darmawan, saat ini I-SO memiliki lima orang duta yang bertugas menjemput sampah yang ada di rumah-rumah warga yang menjadi mitra I-SO. Bagi warga yang ingin menjadi mitra I-SO, dapat menghubungi nomor 0811181835 dengan membayar retribusi sebesar Rp 299.000 sekali untuk seumur hidup.

“Kami berharap pengelolaan sampah secara terpadu dapat mengedukasi masyarakat untuk memilah sampah, serta menarik masyarakat untuk menyetorkan sampahnya,” harap Darmawan. (Gilang)

 682 total views

LEAVE A REPLY