UI Ajak Masyarakat Tanam Pembibitan Vetiver di Ciliwung

0
31

www.depoktren.com–Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia (UI) bersama Tim Peneliti Sekolah Kajian Stratejik dan Global UI dan Komunitas Ciliwung Depok (KCD) melaksanakan kegiatan penanaman pembibitan Vetiver di Kali Ciliwung, Kota Depok, Selasa (13/8/2019) lalu.

Kegiatan bertajuk “Pemanfaatan Sedimen Ciliwung sebagai Media Tanam Pembibitan Vetiver di Ciliwung Hilir” ini bertujuan mengajak masyarakat dan KCD agar berperan aktif dalam melakukan penanaman bibit vetiver.

“Mengajak keterlibatan KCD dan masyarakat untuk penanaman bibit tanaman
vetiver, memantau, menambahkan dan memperbaharui sistem penanaman bibit yang dianggap penting. Menjadi ujung tombak perencanaan pemeliharaan dan perbaikan lingkungan,” ujar Ketua Pelaksana Dra. Widyawati, MSP dalam siaran pers yang diterima,Selasa (13/8/2019).

Dia menambahkan, memanfaatkan bibit vetiver untuk menjaga lingkungan dari erosi sungai, kejernihan air sungai dan mencegah pendangkalan sungai. “Para ahli telah mengembangkan berbagai cara untuk menjaga kualitas lingkungan. Salah satu cara tersebut adalah dengan memanfaatkan media sedimentasi sungai untuk pembibitan tanaman. Salah satu bentuk tanaman tersebut adalah vetiver,” jelas Widyawati.

Menurut Widyawati, tanaman vetiver memiliki beberapa fungsi yakni, penahan longsoran tanah, penahan luruhnya zat kimia dan berbagai limbah cair dan padat dari tingginya aktivitas penduduk di sempadan sungai tersebut menyebabkan tingginya erosi yang menyebabkan sedimentasi pada badan sungai.

“Pembibitan vetiver bukan hanya isu mengenai sedimentasi saja, namun mengenai kapasitas tampung sungai yang berkurang karena adanya deposisi sedimentasi sehingga kemampuan sungai melewatkan debit air dari puncak menjadi berkurang. Pengurangan debit yang dialiri pada akhirnya dapat mengakibatkan limpasan air yang berujung banjir. Solusi mengatasinya adalah restorasi sempadan sungai menggunakan penanaman rumput vetiver,” paparnya.

Peserta yang ikut dalam kegiatan penanaman bibit vetiver berjumlah 20 orang yang terdiri dari para mahasiswa UI, anggota KCD dan masyarakat. “Diharapkan nantinya masyarakat dapat melakukan penanaman bibit vetiver secara mandiri dan berkelanjutan,” harap Ketua KCD Taufik DS. (Siska Thresia/Rus)

31 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY