Study Banding, Gus Solah Kunjungi Sekolah Insan Mandiri Cibubur

0
546

www.depoktren.com–Pengasuh Pesantren Tebu Ireng, Jombang, KH Ir. Salahuddin Wahid (Gus Solah) mengunjungi Sekolah Insan Mandiri Cibubur, Bekasi, Rabu (28/8/2019) lalu. Kunjungan tersebut untuk study banding pengelolaan dan kurikulum yang diterapkan berbasis Project Based on Qur’an (PBQ).

Dalam kunjungan tersebut, Gus Solah didampingi Kepala SMA Trensains Tebu Ireng, Kepala Madrasah Aliyah Tebu Ireng, Kepala SMP Wahid Hasyim Tebu Ireng, dan Kepala SDI Tebu Ireng.

“Kita harus terus belajar untuk mendapat ilmu yang terbaik dan kami datang ke Sekolah Insan Mandiri Cibubur untuk mempelajari pebgelola dan kurikulum yang diterapkan berbasis Project Based on Qur’an (PBQ). Mungki nanti akan kami terapkan juga di sekolah-sekolah kami di Tebu Ireng,” ujar Gus Solah.

Menurut Gus Solah semua sekolah baik, Insya Allah banyak yang dapat dipelajari. “Pada dasarnya penerapan pendidikan agama di Indonesia perkembangannya sudah cukup baik dan modern dari fasilitas dan kurikulum yang beragam, salah satunya Project Based on Qur’an (PBQ) ini cukup menjadi perhatian yang membuat kami tertarik mempelajarinya,” tuturnya.

Sementara itu Pembina Yayasan Pendidikan Silaturahim Jatikarya Ir. Faried Thalib mengatakan, pihaknya bersyukur dikunjungi Pengasuh Pesantren Tebu Ireng yang pesantrennya sudah berdiri selama 120 tahun.

“Alhamdulillah perjalanan sekolah kita ini baru lima tahun, dan dikunjungi oleh Gus Solah dari Pesantren Tebu Ireng yang sudah berdiri selama 120 tahun bahkan sebelum kemerdekaan. Kami merasa tersanjung,” kata Faried.

InsyaAllah, lanjut Faried, melalui pertemuan ini, pihaknya akan bertukar informasi, saling mengisi dan berbagi. “Kita juga akan menimba ilmu dari pengelolaan dan kurikulum yang diterapkan di Pesantren Tebu Ireng,” jelasnya.

Kepala Sekolah Insan Mandiri, Munif Chatib menambahkan, Yayasan Pendidikan Silaturahim menaungi tiga lembaga pendidikan, yaitu SD Silaturahim Islamic School, SMP IT Insan Mandiri Cibubur dan SMA IT Insan Mandiri Cibubur.

“Project Based Quran adalah program utama yang dimiliki oleh Yayasan Pendidikan Silaturahim Jatikarya di mana anak-anak hafal Al-Quran dan memahami, juga mengaplikasikan dengan dikemas dalam riset yang menarik,” paparnya. (Papi Ipul)

 546 total views

LEAVE A REPLY