Komnas Ham Kunjungi Lokasi Pemukiman di Lahan UIII Depok yang akan Digusur

0
16

www.depoktren.com–Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan segera menertibkan bangunan liar di lahan di kawasan proyek pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII). Ada ratusan bangunan liar yang berdiri lahan milik Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI).

Untuk memastikan adanya pelanggaran atau tidak, Komnas Ham mengunjungi lokasi lahan proyek pembangunan Kampus UIII Depok.

Kepala Bagian Mediasi Komnas Ham, Mimin Dwi Hartono mengatakan kunjungan ini dalam rangka untuk mengetahui lebih detail terkait masalah tanah yang diduduki warga di lahan proyek pembangunan Kampus UIII.

“Kami baru atensi kasus ini makanya kami datang kesini untuk mengetahui seperti apa masalah utama dari pembangunan ini dan kami sudah mendengarkan,” ujar Mimin, Jumat (6/9/2019).

Selanjutnya, kata Mimin, pihaknya akan melakukan pertemuan dengan Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama dan Pemkot Depok. “Kami akan ketemu dalam waktu dekat ini. Setelah pertemuan nanti kami juga akan mencoba mediasi warga dengan pemerintah supaya ada titik temu terkait masalah ini,” tuturnya.

Dia belum bisa pastikan apakah ada pelanggaran HAM terkait rencana penertiban yang memasang plang pengosongan serta hanya memberikan uang ganti rugi yang jumlahnya Rp 8000 hingga Rp 13.000 per meter..”Kita belum bisa pastikan apakah ada pelanggaran atau tidak. Kita juga baru kordinasi saat ini,” tegas Mimin. (Papi Ipul)

16 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY