Pradi Berharap LPPD Depok Naik Peringkat

0
158

www.depoktren.com–
Sebanyak 27 kepala daerah melakukan rapat bersama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, terkait Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) selama satu tahun di Gedung Sate, Bandung, Selasa (10/9/2019).

Rapat tersebut juga dihadiri tim nasional Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna, yang mewakili Pemerintah Kota Depok menjelaskan bahwa setiap tahunnya peringkat LPPD Kota Depok kerap berubah. Pada tahun 2015 berada diposisi 7, tahun 2016 diperingkat 23, dan pada tahun 2017 bertengger diposisi 12.

“Untuk LPPD Kota Depok tahun 2018 masih dalam proses penilaian, dua hari lagi akan diketahui hasilnya,” kata Pradi Supriatna kepada depoktren.

Menurut Pradi, LPPD merupakan laporan yang disampaikan oleh Pemerintah Daerah kepada Pemerintah Pusat yang disusun berdasarkan prinsip transparansi, akuntabilitas, akurasi dan objektif.

Dipaparkan pula, LPPD dievaluasi sesuai dengan PP Nomor 6 Tahun 2008, tentang Pedoman Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD)

“EPPD adalah evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah provinsi terhadap pemerintah daerah. Hasil evaluasinya disampaikan kepada pemerintah pusat dan pemerintah daerah sebagai bahan fasilitasi dalam rangka peningkatan kinerja daerah,” katanya.

Dia menambahkan, evaluasi LPPD dilakukan melalui dua penilaian variabel, yaitu indeks capaian kinerja 95 persen, dan indeks kesesuaian materi 5 persen.

Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) Tahun 2019 terhadap LPPD Kota Depok Tahun 2018 dilakukan dengan menilai capaian indikator kinerja atau IKK (Indikator Kinerja Kunci).

“Mudah-mudahan peringkat LPPD Kota Depok tahun 2018 akan meningkat,” demikian Pradi.(amr)

158 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY