Besok, Raja Gas Depok ‘Kawin Lagi’

0
1030

www.depoktren–Warga Depok, khususnya yang bermukim di wilayah Kecamatan Sukmajaya, dikejutkan dengan sensasi yang dilakukan Haji Yahman Setiawan.

Pasalnya, pria yang dikenal sebagai Raja Gas Depok ini akan menikah lagi. Prosesi pernikahannya bakal digelar spektakuler di dua tempat berbeda pada Minggu (15/9/2019), yaitu di halaman Balaikota Depok dan di pusat perbelanjaan D’Mal, Jalan Margonda Raya.

Pria berusia 62 tahun yang memiliki 6 anak dan 9 cucu ini akan diarak menggunakan delman hias bersama rombongannya yang berjumlah sekitar 300 orang, termasuk para pendekar silat yang tergabung dalam Kumpulan Orang Orang Depok (KOOD).

Walikota Depok Mohammad Idris direncanakan melepas arak-arakan yang diiringi marawis dan tetabuhan rebana tersebut di halaman Balaikota pada pukul 11.00. Selanjutnya rombongan penganten akan diterima Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna di pintu masuk D’Mal.

Menurut Ketua Umum KOOD, Haji Ahmad Dahlan, prosesi pernikahannya menggunakan tradisi Betawi-Depok. Rombongan besan akan membawa berbagai barang seserahan seperti buah-buahan, kue penganten, dan sepasang roti buaya berukuran besar.

Menurut Dahlan, bagi masyarakat Betawi-Depok, roti buaya dilambangkan sebagai simbol kesetiaan dan kemakmuran dalam sebuah pernikahan.

Dijelaskan pula, sebelum rombongan pengantin pria diterima masuk ke area pelaminan Mal Depok, terlebih dahulu disambut prosesi buka palang pintu.
Pihak keluarga mempelai pria diminta menjelaskan maksud kedatangannya menggunakan pantun Betawi. Keluarga pengantin wanita juga menjawab dengan pantun, sehingga terjadilah balas pantun. 

Setelah upacara pemberian seserahan dan akad nikah, mempelai pria membuka cadar yang menutupi wajah mempelai wanita untuk memastikan apakah benar mempelai tersebut adalah wanita pilihannya.

Di moment inilah akan terungkap, ternyata pengantin wanitanya adalah Reny Destiany (37) yang merupakan istri sesungguhnya Haji Yahman Setiawan.
Mojang Sukabumi ini telah dinikahi Haji Yahman pada tahun 2005 silam. Pernikahannya saat itu disaksikan mantan Walikota Depok Badrul Kamal dan Nina Suzana (Sekretaris Umum KOOD).(amr)

1,030 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY