Cara Menghemat Budget Saat Liburan di Dalam Negeri Supaya Tidak Boros

0
124

Jangan sampai pengeluaran kamu menjadi boros dan melebihi buget ketika berlibur. Persiapkan secara detail.

Niat liburan tetapi budget terbatas? Tidak perlu panik, kamu tetap bisa menjalankan liburan dengan cara menyenangkan, asalkan manajemen keuangan yang kamu terapkan memang tepat dan terusun rapi. Jangan sampai kamu kehilangan banyak uang, karena tidak melakukan perhitungan secara detail.

Supaya bisa berhemat dan sesuai dengan budget, sebaiknya ikut panduan ini supaya tidak boros.

Jangan Mencari Promo

Jangan gengsi mencari promo, ya! Kamu harus rajin mengecek semua aplikasi supaya mengetahui promo apa saja yang sedang berjalan. Potongan harga sangat membantu kamu menghemat anggaran saat liburan. Kamu bisa saja dapat harga promo setiap hari hanya disini jika rajin mencarinya.

Biasanya di beberapa aplikasi seperti Traveloka menyediakan banyak promo menarik, mulai dari tiket pesawat hingga hotel. Kamu bisa mendapatkan harga yang jauh lebih tinggi, jika dibandingkan memesanll langsung di tempat. Selain itu, pastikan kamu sudah memesannya dari jauh hari, supaya tidak kehabisan tiket atau tempat penginapan, ya!

Tetapkan Budget yang Akan Kamu Gunakan

Sebelum pergi hal utama yang tidak kalah penting adalah menyiapkan budget. Kamu harus tahu berapa besar pengeluaran yang akan digunakan. Tuliskan secara detail apa saja yang akan kamu lakukan di sana,mulai dari harga pesawat, hotel, makan, jalan-jalan dan oleh-oleh.

Pastikan semua pengeluaran sudah memilki pos masing-masing, sehingga kamu tidak menggunakan uang makan untuk keperluan lainnya. Namun, jika ternyata kamu bisa lebih irit dan tersisa, maka uang tersebut dapat kamu gunakan untuk hal lain, seperti berbelanja dan membeli oleh-oleh.

Selektif Memilih Tanggal Keberangkatan

Memilih tanggal yang salah untuk berlibur juga bisa menguras anggaran kamu lebih banyak, loh! Hindari semua perjalanan liburan pada saat libur nasional, tanggal merah atau akhir dan awal tahun. Masalahnya pada momen tersebut biasanya para wisatawan berbondong-bondong melakukan perjalanan yang akhirnya membuat harga tiket dan penginapan menjadi sangat mahal.

Akan tetapi, jika kamu memang ingin melakukan perjalanan di tanggal tersebut, sebaiknya pesanlah tiket pesawat dan hotel dari jauh hari, supaya tetap kedapatan sebelum harga melonjak drastis. Jika ingin aman, sebaiknya pilihlah tanggal keberangkatan di hari biasa dan mengambil cui panjang untuk menikmati liburanmu.

Mencari Tempat Wisata yang Terjangkau

Setelah merencakan liburan, kamu dapat memikirkan lokasi apa saja yang akan dikunjungi ketika sampai. Jika kamu memang ingin berlibur di dalam negeri, saat ini banyak sekali tempat wisata yang menawarkan harga terjangkau bahkan gratis.

Apabila anggaran kamu memang terbatas, sebaiknya hindari berkunjung ke tempat wisata yang beradadi tengah kota dan dikelilingi oleh kafe atau restoran. Biasanya tempat tersebut akan memakan harga tinggi untuk para wisawatan. Kamu dapat memilih tempat wisata seperto pantai, candi, museum hingga pegunungan yang jauh lebih murah, bagus dan terjangkau.

Mengetahui Bahasa Setempat

Memahami bahasa daerah ternyata sangat penting. Tidak hanya untuk perjalanan ke luar negeri, tetapi juga domestik. Beberapa tempat di daerah biasanya akan menawarkan harga dua kali lipat lebih tinggi kepada wisatawan, termasuk orang lokal yang tinggal di perkotaan ketika berlibur.

Mereka tidak segan-segan untuk memberikan harga tinggi, jika logat bahasa kamu berbeda dengan tempat tersebut. Jadi, sebaiknya kamu jangan sungkan untuk belajar bahasa setempat, atau setidaknya mengerti apa yang tengah mereka ucapkan, sehingga lebih mudah untuk bernegosiasi.

Semua cara tersebut sangat mudah dan dapat kamu lakukan supaya liburan berjalan lancar dan hemat budget. (Adv)

125 total views, 4 views today

LEAVE A REPLY