Siswa dan Guru SLB di Kota Depok Diberi Edukasi dan Simulasi Sekolah Aman Bencana

0
856

www.depoktren.com–Siswa dan guru Sekolah Luar Biasa (SLB) di Kota Depok mendapatkan edukasi dan simulasi sekolah aman bencana. Kegiatan tersebut diikuti 13 SLB yang berlangsung di SLBN Kota Depok, Rabu (18/9/2019).

“Kesiapsiagaan dalam penanganan bencana pada lembaga pendidikan penting dilakukan sejak dini,” kata Kepala Sekolah SLBN Kota Depok, Cornelia Dewi.

Dia menambahkan, pihaknya melaksanakan kegiatan tersebut bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor. “BPBD memberikan materi dan praktik langsung tentang kedaruratan bencana. Kegiatan ini perlu dilakukan agar guru dan siswa paham, apa yang harus diterapkan jika terjadi bencana,” terang Cornelia.

Menurut Cornelia, sebelum kegiatan simulasi berlangsung, pihaknya telah melaksanakan sosialisasi mitigasi dan penanganan bencana yang diisi oleh Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Depok. Setelah itu, dilanjutkan dengan kegiatan workshop penanganan bencana.

“Sebelum kegiatan ini, kita sudah sosialisasi dengan Damkar tiga bulan lalu. Kedua, workshop dan ketiga simulasi. Lanjut nanti evaluasi tiga bulan ke depan. Jadi, bertahap,” tuturnya.

Kasi Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bogor, Firdaus Noerrochiem mengatakan, materi yang disampaikan berupa penanganan bencana seperti gempa bumi, longsor dan puting beliung. Selain itu, kegiatan juga diselingi dengan praktik langsung.

“Memberikan sosialisasi kepada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) juga perlu penyampaian khusus. Kami berikan materi sangat detail, disertai praktik langsung. Mudah-mudahan setelah kegiatan ini, siswa maupun guru bisa mengaplikasikan jika ada bencana, karena kita tidak tahu kapan bencana akan datang,” pungkasnya. (Papi Ipul)

 856 total views

LEAVE A REPLY