Wow, Banyak Janda Muda di Kota Depok, Tiap Tahun Bertambah 10 Persen

0
19

www.depoktren.com–Wow, setiap tahun, wanita muda yang menjadi janda di Kota Depok terus bertambah. Bahkan, terjadi tren peningkatan dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Kenaikan sekitar 10 persen setiap tahunnya.

Berdasarkan catatan Pengadilan Agama Kota Depok, Pada 2017 ada sebanyak 3.087 kasus perceraian dan meningkat pada 2018 menjadi sebanyak 3.525 kasus perceraian.
Pada Januari hingga Oktober 2019, terjadi peningkatan kasus perceraian yang signifikan. Diperkirakan sudah mencapai 3.500 kasus perceraian.

“Belum sampai akhir tahun 2019, sudah mencapai kurang lebih 3.500 kasus perceraian yang diputus. Jadi, kasus perceraian di Kota Depok trennya selalu terjadi kenaikan, sekitar 10 persen setiap tahunnya,” ujar Ketua Pengadilan Agama Kota Depok, Mohammad Yamin di Kantor Pengadilan Agama Kota Depok, Selasa (8/10).

Dia menambahkan, berdasarkan catatan Pengadilan Agama Kota Depok, rata-rata kasus perceraian sebanyak 25 kasus per hari dan berusia muda, diantara usia 16 tahun hingga 30 tahun.

“Dari grafiknya, tren angka perceraian di Kota Depok tiga tahun terakhir terus meningkat. Kalau dari angka pengajuan yang masuk bisa mencapai 5.000 permohonan setiap tahun dan yang diputus cerai mencapai angka tertinggi pada 2018 yakni sebanyak 3.525,” terang Yamin.

Menurut Yamin, kasus perceraian pada 2018 didominasi cerai gugat yang dilakukan pihak istri kepada pihak suami. Jumlahnya mencapai 2.673 kasus atau sebesar 75 persen. Sedangkan cerai gugat yang diajukan pihak suami hanya mencapai 852 kasus atau 25 persen.

“Cukup memprihatinkan, dalam tiga tahun terakhir ini, penyebab penceraian yang tertinggi karena pengaruh media sosial (medsos). Faktor ekonomi, bukan menjadi penyebab utama lagi,” ungkapnya.

Pengaruh medsos, terjadi karena yang tak tepat guna, dijadikan sarana untuk memiliki wanita idaman lain (WIL) atau pria idaman lain (PIL). “Kecenderungan acara reuni dan group-group reuni di medsos juga menjadi pemicu perceraian,” tegas Yamin. (Papi Ipul/Rus)

19 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY