Depok Terapkan Kartu Suplementasi Gizi untuk Tingkatkan Konsumsi TTD

0
187

www.depoktren.com–Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok terus meminimalisir angka penderita anemia, salah satu pencegahannya dengan menerapkan kartu suplementasi gizi bagi remaja putri, ibu hamil, dan wanita usia subur.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Depok May Haryanti mengatakan, penerapan kartu suplementasi gizi tersebut dibuat untuk meningkatkan kepatuhan dalam mengonsumsi tablet tambah darah (TTD).

“TTD harus rutin dikonsumsi untuk mencegah penyakit anemia yang memiliki risiko bagi perempuan. Permasalahan yang timbul jika ibu hamil terkena anemia adalah akan melahirkan bayi dengan berat lahir rendah dan berpotensi stunting,” ujar May di Balai Kota Depok, Jumat (25/10/2019).

Menurut May, kartu suplementasi gizi tersebut diberikan Dinkes Kota Depok ke Puskesmas. Selanjutnya, Puskesmas mendistribusikan ke masing-masing sekolah melalui guru Unit Kesehatan Sekolah (UKS).

“Dengan upaya yang dilakukan dapat menekan angka anemia di Kota Depok. Dengan begitu, ibu hamil di Kota Depok dapat melahirkan anak yang cerdas dan sehat. Semoga ini dapat menjadi acuan dan meningkatkan kepatuhan perempuan di Kota Depok untuk rutin mengonsumsi TTD, sehingga lahir generasi penerus yang sehat,” pungkasnya. (Papi Ipul)

 187 total views

LEAVE A REPLY