Pembangunan RTLH di Kota Depok Diharapkan Hanya 0,05 Persen Pada 2021

0
179

www.depoktren.com–Pada 2021 diharapkan pembangunan Rumah Tak Layak Huni (RTLH) hanya tinggal 0,05 persen. Saat ini, setiap kelurahan di Kota Depok sudah mendapat dana kelurahan dari pemerintah pusat sebesar Rp 365 juta. Tahun ini dana tersebut ditujukan untuk pemberdayaan masyarakat, sedangkan tahun depan untuk pembangunan infrastruktur.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris, meminta semua lurah untuk memaksimalkan penggunaan dana kelurahan. Jika sesuai dengan peruntukan maka tidak perlu takut.

“Selama taat hukum, serta tertib administrasi, lurah jangan takut untuk menggunakan dana ini. Namun harus sesuai dengan peruntukan dana tersebut,” kata Idris di Balai Kota Depok, Sabtu (26/10/2019).

Menurut Idris, penggunaan dana itu bisa dilakukan dengan swakelola, ataupun lelang dengan penunjukan langsung. “Semua sudah tercantum dalam regulasi di Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 130 tahun 2018 tentang Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan,” terangnya.

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan dan Kerja sama Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok, Muchsin Mawardi mengatakan, para lurah diberi wawasan dan pemahaman mengenai Permendagri Nomor 130 Tahun 2018. Gunanya agar lurah tidak ragu atau gamang dalam melaksanakan kegiatan dari dana bantuan pemerintah.

“Mudah-mudahan setelah ini lurah tidak galau lagi kalau ingin melaksanakan kegiatan dari dana kelurahan yang sudah ada,” tegasnya. (Novli Adri/Papi Ipul)

 179 total views

LEAVE A REPLY