Majelis Taklim Habib Abubakar Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW di Tanah Baru

0
218

www.depoktren.com–Majelis Taklim Habib Abubakar Hasan Alatas Azzabidi, menyelenggarakan Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kediaman Abuya Habib Abubakar bin Hasan Alatas Azzabidi di Jalan Karya Bhakti No.9 Rt.01/Rw.06 Tanah Baru, Kecamatsn Beji, Kota Depok, Minggu (27/10/2019).

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ke-10 ini di hadiri Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna, Kapolresta Depok, AKBP Azis Andriansyah dan Dandim Depok, Kolonel Agus Isrok serta Jamaah Majlis Taklim Habib Abubakar bin Hasan Alatas Azzabidi dari seluruh indonesia seperti dari Makasar, Bali, Gorontalo, Palu, Banjarmasin, Ternate, Papua, Balik Papan, Samarinda dan Jamaah di Jabodetabek.

Abuya Habib Abubakar bin Hasan Alatas Azzabidi sebagai Pembina Majlis Taklim mengatakan melalui acara Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW ini diharapkan sebagai bentuk kesadaran kita dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Tujuan dari perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW ini , meniru kepribadian Akhlak Nabi Muhammad SAW ditengah kemerosotan Akhlak dan budi pekerti luhur di masyarakat, jadi suri tauladan yang baik serta menanamkan bibit-bibit cinta di hati kita kepada Nabi Muhammad SAW, juga membangkitkan kembali semangat untuk menjalankan Segala perintah Allah SWT dan sunah-sunah rosulNya,” ujar Habib Abubakar.

Ketua Panitia, H. Irfan Wahab mengatakan, perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW ini sudah pasti akan menggerakan ekonomi masyarakat, karena ragam kuliner dijual pedagang. “Pengajian Habib Abu Bakar bin Hasan Alattas Az Zabidi merupakan pengajian yang cukup rutin diadakan setiap Ahad sore,” terangnya.

Menurut Irfan, Habib Abubakar bin Hasan Alatas telah 30 tahun berdakwah dari satu kota ke kota lain di seluruh wilayah Indonesia. Ia adalah habib senior yang disegani. Kiprahnya di wilayah Tanah Baru, kota Depok, baru dimulai setahun yang lalu dan langsung menjadi berkah bagi warga Tanah Baru. Orang-orang dhu’afa’ yang berada di sekitar tempat tinggal Habib Abubakar langsung merasakannya.

“Mereka mendapat kemudahan dalam hal pengobatan dan bantuan modal usaha dari Yayasan yang didirikan Habib Abu Bakar. Roda ekonomi penduduk langsung berdenyut karena setiap pengajian dibutuhkan sekian puluh ribu konsumsi yang semuanya dipesan dari para tetangga. Hampir setiap Ahad sore, seluruh peserta pengajian dengan khidmat dan tekun mendengarkan uraian yang disampaikan oleh Habib Abubakar,” tuturnya.

Dia menambahkan, Habib Abu Bakar menggunakan kitab tasawuf karangan gurunya, Al-Habib Zain bin Smith. Dalam pengajian yang digelarnya sudah dua kitab dikhatamkan. Putranya sendiri, Habib Hasan bin Abubakar, membacakan kitab tersebut lalu menjelaskan paragraf demi paragraf pada para jama’ahnya.

Sebelum pembahasan kitab, diadakan taushiyah, yang secara bergiliran disampaikan oleh tiga atau empat ulama kota Depok, seperti K.H. Abdurrahman Nawi, pemimpin Pesantren Al-Awwabin dan K.H. Zainuddin, pemimpin Pesantren Al-Hamidiyah.

“Kenapa pengajiannya selalu disesaki jamaah? Dalam salah satu kesempatan Habib Abubakar pernah menguraikan ciri-ciri majelis yang berkah. Salah satunya, pesertanya merasa rindu akan datangnya hari digelarnya pengajian majelis tersebut,” jelas Irfan. (Ole)

 220 total views

LEAVE A REPLY