Kader Jumantik Dapat Efektif Tingkatkan Kesadaran Warga Periksa Jentik Nyamuk

0
127

www.depoktren.com–Kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik) diharapkan dapat efektif meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memeriksa jentik nyamuk.

Untuk itu, Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok rutin melakukan pemantauan jentik berkala setiap Jumat. Kegiatan yang dilakukan langsung oleh Puskesmas Harjamukti dan Kelompok Kerja (Pokja) Sehat Kelurahan Harjamukti.

“Diharapkan dapat ini efektif meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memeriksa jentik nyamuk,” ujar Kepala Unit Pelaksana Fungsional (UPF) Puskesmas Harjamukti, Rahma Dewi, Rabu (30/10/2019).

Dia menambahkan, masyarakat langsung praktik bagaimana memeriksa jentik dan menerapkan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) untuk dimasing-masing tempat tinggal.

“Kader Jumantik melakukan kunjungan ke setiap rumah sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. Dalam kunjungannya tersebut, seluruh kader Jumantik melakukan penelitian dan mengecek beberapa tempat yang berpotensi adanya jentik berkembang,” terangnya.

Menurut Rahma, selain itu, kader Jumantik juga melakukan wawancara dan meminta warga untuk mengisi kuesioner. Melalui hal ini, para kader dapat mengetahui sejauhmana pengetahuan dan apa saja yang sudah dilakukan warga dalam mencegah jentik nyamuk. “Dari kuesioner yang kami berikan, sudah banyak yang paham dan menerapkan pencegahan jentik nyamuk,” ucapnya.

Masyarakat di Kelurahan Harjamukti untuk terus menerapkan PSN dan melakukan 3M (menguras, menutup, dan mengubur). “Tentunya agar tidak ada lagi masyarakat yang terkena penyakit demam berdarah dengue (DBD) maupun penyakit lainnya yang disebabkan oleh nyambuk,” pungkas Rahma. (Novli Adri Siregar)

 128 total views

LEAVE A REPLY