BI Prediksi Ekonomi Tumbuh 5,05 Persen

0
15

www.depoktren.com–Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi berada pada kisaran lima persen hingga 5,05 persen pada kuartal tiga 2019. Saat ini investasi bangunan masih menjadi penyumbang yang cukup signifikan seiring masih berlangsungnya sejumlah proyek strategis nasional.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan pertumbuhan ekonomi mengarah pada kisaran lima persen sampai 5,1 persen. “Sumbernya dari konsumsi yang cukup kuat dan investasi bangunan,” ujar Perry di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (1/11/2019).

Meski demikian, Perry mengaku investasi nonbangunan yang semula tidak tumbuh, kini mulai menunjukkan pertumbuhan meski belum signifikan bagi PDB. Sementara, dari sisi eksternal memang masih mengalami penurunan karena terkait kondisi global.

Pada Oktober 2019, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi relatif rendah yakni 0,02 persen (mtm) atau 3,13 persen (yoy). Sebelumnya pada September, BPS mencatat deflasi 0,27 persen (yoy), atau 3,39 persen (yoy).

Namun, pencatatan angka inflasi itu belum banyak membantu terdongkraknya pertumbuhan ekonomi kuartal tiga dan juga kuartal empat. (Siska Thresia)

15 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY