Diserang Eceng Gondok, 2 Situ di Depok Kayak Lapangan Bola

0
19

www.depoktren—Dua situ di Kota Depok yakni Situ Bojongsari di Kecamatan Bojongsari dan Situ Pengarengan di Kecamatan Sukmajaya diserang tanaman eceng gondok (gulma). Permukaan air ditutupi eceng gondok di kedua situ tersebut. Hal tersebut membuat kedua situ tersebut sudah kayak lapangan bola.

Permukaan air ditutupi eceng gondok di kedua situ tersebut sudah berlangsung sejak awal September 2019 lalu dan hingga kini belum ada tindakan pembersihan yang dilakukan pihak Balai Wilayah Sungai Ciliwung dan Cisadane (BWSCC) yang bertanggungjawab dengan perawatan situ dan juga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok.

“Situ Bojongsari dan Situ Pengarengan hampir semuanya tertutup tanaman liar eceng gondok. Harus segera dibersihkan oleh pihak terkait, karena menyumbat aliran air serta terlihat kotor tak terawat,” ujar Ketua Harian Satgas Pemantau Pembangunan dan Perijinan Kota Depok (SP3D), Desfandri, Senin (4/11/2019).

Dia menambahkan, penangganan eceng gondok harus terus menerus dilakukan dan itu bagian dari perawatan situ. Pembersihan eceng gondok mampu mengembalikan fungsi situ sebagaimana mestinya. Sehingga diharapkan debit air yang masuk bisa tertampung dengan maksimal. “Jangan dibiarkan sampai tertutup eceng gondok seharusnya ada perhatian serius. Apalagi sudah memasuki musim hujan, keberadaan situ dapat menampung air untuk mencegah banjir,” tutur Desfandri.

Dinas PUPR Kota Depok jangan tutup mata dan tak peduli dengan kondisi ini situ-situ yang permukaan airnya tertutup eceng gondok. “Jangan saling lempar tanggungjawab, walaupun keberadaan situ-situ itu tanggungjawab pemerintah pusat melalui BWSCC, namun untuk kepentingan bersama Dinas PUPR Kota Depok harus peduli dan ikut bertindak membersihkan dan merawat situ-situ yang ada di Kota Depok,” pinta Desfandri.

Kepala Dinas PUPR Kota Depok Dadan Ruswandi, mengatakan akan segera membersihkan eceng gondok yang telah menutupi seluruh permukaan air di Situ Bojongsari dan Situ Pengarengan. “Kami sudah berkordinasi dengan BWSCC dan akan segera membersihkan kedua situ dari tanaman eceng gondok. Saat ini kami sedang persiapkan alat berat,” jelasnya.

Dadan membantah tak peduli dengan perawatan situ-situ di Kota Depok. “Kami setiap tahun keluarkan anggaran untuk perawatan dan normalisasi situ-situ. Bahkan, kami juga mengajukan bantuan anggaran ke pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) dan Pemprov DKI Jakarta,” terangnya.

Diungkapkan Dadan, untuk tahun ini, pihaknya mendapat bantuan dari Pemprov DKI Jakarta untuk menormalisasi tiga situ sebesar Rp 24 miliar yakni Situ Sawangan, Situ Rawa Besar dan Situ Pladen. “Kami selalu merawat dan menormalisasi situ-situ agar dapat mengantisipasi banjir di Jakarta,” ucapnya.

Dadan mengutarakan, anggaran yang diberikan Pemprov DKI Jakarta yakni untuk Situ Rawa Besar mendapat dana sebesar Rp 9, 3 miliar. Dana ini diperuntukan untuk penurapan dan jogging trak sebesar Rp 2,6 miliar dan normalisai Rp 7, 1 miliar.

Situ Sawangan mendapat dana Rp 13, 8 miliar dengan rincian untuk normalisasi Rp 10, miliar dan penurapa serta jogging trak area situ sebesar Rp 3 miliar. Situ Pladen dilakukan penataan area situ sebesar Rp 1, 9 miliar seperti penurapan, jogging trak dan saluran. “Normalisasi ketiga situ tersebut sedang berjalan,” tegas Dadan. (Papi Ipul/Rus)

19 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY