Tingkatkan Pelayanan, Imigrasi Depok Buka Gerai di Detos Sekaligus Luncurkan PIAWAI IKM

0
14

www.depoktren.com-Berbagai upaya terus dilakukan oleh Kantor Imigrasi Kelas II Depok dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya, dengan meluncurkan aplikasi Penilaian Kinerja Pelayanan Pegawai Berbasis Indeks Kepuasan Masyarakat (PIAWAI IKM).

“Selama ini yang kita butuhkan dalam proses pelayanan adalah hasilnya. Untuk mendapatkan hasil yang objektif, maka kita mengajak masyarakat untuk bisa memberikan penilaian secara langsung terhadap pelayanan yang diberikan melalui aplikasi ini,” tutur Kepala Imigrasi Kelas II Kota Depok, Agung Wibowo usai peluncuran aplikasi tersebut di Mal Depok Town Square (Detos), Kamis (07/11/2019).

Menurut Agung, aplikasi tersebut dapat menjadi tolok ukur untuk meningkatkan profesionalisme dalam pelayanan. Sebab, menurutnya, aplikasi tersebut mengukur IKM dan juga kinerja pegawai Imigrasi.

“Aplikasi ini nantinya akan secara realtime mengukur kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan, dan masyarakat bisa secara langsung menyampaikan hal-hal yang perlu diperbaiki,” terangnya.

Agung berharap, dengan adanya aplikasi tersebut dapat membantu pihaknya dalam melakukan evaluasi terhadap kinerja pegawai. Dengan demikian, pelayanan yang diberikan semakin optimal dan akuntabel.

“Dengan melibatkan masyarakat melalui aplikasi ini, berarti petugas harus mampu memberikan respons yang positif. Sehingga penilaian masyarakat pun akan baik,” pungkas dia.

Demi memudahkan warga membuat paspor, Kantor Imigrasi Kelas II Depok membuka Unit Pelayanan Paspor di pusat perbelanjaan atau Mal Depok Town Square (Detos), lantai 1. Unit pelayanan yang dibuka setiap Hari Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB tersebut, dimaksudkan untuk mengurai antrean pemohon di Kantor Imigrasi Depok.

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengapresiasi dibukanya Unit Pelayanan Paspor oleh Imigrasi Kelas II Depok di salah satu pusat perbelanjaan modern di Kota Depok. Dengan inovasi tersebut diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam mengakses pelayanan publik.

“Sekarang ini masyarakat ingin pelayanan publik yang profesional, mudah dipahami, nyaman, cepat, dan tepat waktu. Untuk itu, Kami sangat mengapresiasi dengan adanya inovasi dari Imigrasi Depok,” tutur Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna kepada depok.go.id, usai menghadiri peresmian Unit Layanan Paspor di lantai 1, Mal Depok Town Square (Detos), Kamis (07/11/2019).

Dikatakannya, ke depan pihaknya juga berencana membuka pelayanan publik di pusat-pusat perbelanjaan. Hal tersebut dimaksudkan untuk mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat.

“Saat ini kita sedang penjajakan. Insya Allah, akan kita realisasikan secepatnya,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, guna merealisasikan rencana itu, pihaknya akan meningkatkan kerja sama dengan pihak swasta. Semua itu dimaksudkan untuk memudahkan penyediaan pelayanan publik di pusat perbelanjaan di Kota Depok.

“Tentunya untuk merealisasikannya, kita akan terus meningkatkan kerja sama produktif dengan swasta, sehingga penyediaan layanan publik di pusat perbelanjaan dapat segera terealisasi,” tandasnya. (Papi Ipul/Siska)

14 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY