Pertamina EP Rantau Tumbuh Bersama Masyarakat Aceh Tamiang

0
23

www.depoktren.com–PT Pertamina EP Rantau Field akan selalu bersinergi dengan masyarakat Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh. Beragam kegiatan sebagai bagian Corporate Social Responsibility (CSR) digalakkan diantaranya membantu Kelompok Budidaya Jamur Organik Serumpun di Kampung Sukaramai, membantu Posyandu Pelawi di Kampung Sukajadi, membina pelaku UMKM di Kabupaten Aceh Tamiang dengan membentuk Galeri Ajang Ambe.

Selain itu juga, membantu Yayasan Satu Cita Lestari Indonesia (YSCLI) dalam rangka penyelamatan dan pelestarian satwa Tuntong (family kura-kura) yang hampir punah di muara Sungai Tamiang, membangun Rumah Informasi Tuntong dan membangun ekowisata pantai Ujung Tamiang.

Ada juga sarana Pusat Pemberdayaan Masyarakat Pertamina (PPMP) yang merupakan suatu wadah untuk menyebarluaskan berbagai disiplin ilmu atau sektor usaha seperti pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, home industry, ekonomi kreatif, kepemudaan dan energi alternatif dengan konsep ramah lingkungan, berkelanjutan dan inovatif.

PPMP memiliki fokus dalam peningkatan kapasitas (capacity building), memiliki konsep dasar dalam setiap pelaksanaan kegiatan program (pelatihan, kunjungan belajar dan pengembangan energi) maupun pengelolaan harian di tiap sektor usaha yaitu LEISA (Low External Input Sustainable Agriculture).

Keunikan lain dari PPMP Rantau adalah satu-satunya pusat pembelajaran yang dikembangkan oleh perusahaan untuk masyarakat. “Pada implementasinya PPMP membina kelompok Petra Tani yang merupakan binaan khusus untuk bidang pertanian,” ujar Rantau Field Manager PT Pertamina EP, Totok Parafianto, di Rantau, Aceh Tamiang, Provinsi Aceh, Jumat (8/11/2019).

Petra Tani memanfaatkan lahan non produktif yang ada di Komplek Pertamina EP Rantau untuk kegiatan produktif pertanian. Kegiatan pertanian tersebut memberikan dampak positif bagi perusahaan yakni adanya pengamanan (social security) di area komplek Rantau Field. Selain dibidang pertanian, PPMP juga membuka kelas bagi siapapun itu, baik pelajar, mahasiswa ataupun masyarakat secara umum untuk belajar, ataupun kegiatan penelitian.

“PPMP rutin tiap tahunnya menjadi lokasi pembelajaran bagi siswa mulai dari tingkatan TK, hingga SMK. Kegiatan pembelajaran yang kerap diadakan di PPMP antara lain field trip bagi siswa siswi TK, SD maupun SMP untuk mengenal dan belajar pertanian, praktik kerja lapangan (PKL) untuk siswa SMK, penelitian dan praktik lapangan bagi mahasiswa,” tuturnya.

Menurut Totok, pada 2012, PT Pertamina EP Asset 1 Rantau Field mendirikan PPMP yang berlokasi di dalam Komplek Pertamina EP Rantau Field, Kampung Pertamina, Kecamatan Rantau, Kabupaten Aceh Tamiang. Melihat visi dan misi yang sangat aplikatif, hal ini kemudian direplikasi di berbagai field Pertamina EP lainnya. Hingga pada 2014 telah ada total enam PPMP yang diresmikan secara serentak di lokasi PPMP Rantau Field. Pada tahun 2019, inovasi yang dikembangkan oleh PPMP adalah pembuatan paving block plastic sebagai salah satu alternative penanganan sampah plastic bekerjasama dengan Bank Sampah Induk Atam.

Untuk mendukung kegiatan, PPMP Field Rantau dibangun diatas lahan kurang lebih seluas 40.000 m2 dan memiliki satu kantor sekretariat, satu perpusatakaan, satu rumah jaga, satu dapur, dua kamar mandi, satu mushola, dua kumbung jamur, satu rumah pembibitan, satu rumah apotik hidup, satu kandang sapi, satu kandang bebek, satu ruang inokulasi, satu ruang laboratorium, satu balai pertemuan, satu rumah pencacahan, satu rumah komposting, dan satu pos jaga. (Rus)

23 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY