Terapkan Smart City, Pemkot Depok Andalkan Tiga Program Cepat

0
18

www.depoktren.com–Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah menyelesaikan penyusunan rencana induk (masterplan) Kota Cerdas (Smart City) beberapa waktu lalu. Terdapat tiga program cepat (quick wins) yang menjadi prioritas dalam penerapan Smart City di Kota Depok yaitu aplikasi Depok Single Window (DSW), program Smart Healhty City (Kota Sehat), dan aplikasi Hai Depok.

“Saat ini kita sudah menyelesaikan masterplan Smart City dan tiga quick wins yang menjadi prioritas untuk diselesaikan di tahun ini,” tutur Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna kepada depok.go.id, usai menghadiri evaluasi masterplan Smart City di Balai Sudirman, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Sidik Mulyono menuturkan, aplikasi DSW merupakan aplikasi yang mengintegrasikan seluruh pelayanan publik yang ada. Sementara, untuk program Kota Sehat, pihaknya terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan dengan mengintegrasikan data kesehatan dari seluruh fasilitas kesehatan di kota Depok.

“Kemudian aplikasi Hai Depok adalah aplikasi yang dibangun oleh komunitas untuk memudahkan mereka dalam mengakses berbagai fasilitas publik yang dikelola oleh pemerintah, maupun mitra pemerintah. Terutama dalam menjalankan aktivitasnya,” terangnya.

Dirinya menambahkan, masterplan yang disusun tersebut telah mewakili kebutuhan pembangunan Kota Depok ke depan. Sebab, menurutnya, saat proses penyusunan, pihaknya juga melibatkan seluruh stakeholder. Mulai dari akademisi, pengusaha, komunitas, hingga media.

“Jadi, masterplan yang kita susun memang benar-benar mewakili apa yang menjadi kebutuhan dalam pembangunan Kota Depok ke depan, karena melibatkan seluruh elemen,” pungkas Sidik. (Siska Thresia)

18 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY