Waspadai Oknum Janjikan Lulus CPNS 2019

0
37

www.depoktren.com–Badan Kepegawaian Negara (BKN) meminta masyarakat yang berminat melamar ikut tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 supaya tidak percaya pernyataan oknum atau calo yang meluluskan tanpa mengikuti tes.

“Sekarang eranya harus tes dan mendaftarnya online. Kemudian tesnya juga dengan sistem CAT BKN,” ujar Plt Kepala Biro Humas BKN Paryono saat ditemui Republika.co.id usai konferensi pers CPNS 2019, di kantor BKN, di Jakarta, Senin (11/11/2019).

CPNS Terpapar Radikalisme tidak Diluluskan
Pendaftaran CPNS Dibuka, Pemohon SKCK di Bogor Meningkat 2 Kali Lipat
Tim Seleksi CPNS Semarang Peringatkan Penipuan

Karena itu ia membantah seseorang bisa menjadi PNS tanpa tes. BKN mengingatkan calon pelamar supaya waspada terhadap oknum penipuan. “Seleksi CPNS diselenggarakan dengan transparan, akuntabel, dan bebas biaya,” ujarnya.

Sebelumnya BKN merilis portal sistem seleksi calon aparatur sipil negara (SSCASN) yaitu sscasn.bkn.go.id, Senin (11/11) dan baru mulai bisa mendaftar mulai pukul 23.11 WIB. “Portal SSCASN per hari ini sudah bisa diakses dan masyarakat bisa melihat formasi apa saja,” ujar Paryono.

Dia menambahkan, portal ini menggunakan sistem simulasi pencarian formasi (SPF). Ada lima modul aplikasi dimulai dari portal SCSN, hingga portal informasi seleksi. Ia menambahkan, BKN mencatat sebanyak 68 instansi tingkat kementerian/lembaga pusat membuka formasi 37.425 dan 62 instansi daerah dengan formasi 159.205.

“Para calon pelamar CPNS 2019 sudah bisa melihat formasi apa saja yang dibuka masing-masing instansi di portal itu. Namun untuk saat ini belum bisa mendaftar, karena pendaftaran baru dimulai malam ini pukul 23.11 WIB,” tuturnya.

Kemudian, dia melanjutian, pendaftaran dibuka hari ini hingga 24 November 2019. Artinya, dia melanjutkan, sekitar dua pekan ini pelamar diberi kesempatan untuk mendaftar. Ia meminta pelamar memahami betul alur pendaftaran dan tata cara registrasi mulai dari menggunggah e-KTP, dokumen ijazah, hingga swafoto bersama kartu identitas.

“Alur pendaftaran dan tata cara registrasi di portal SSCASN dengan mengunduh Buku Petunjuk Pendaftaran CPNS 2019 pada kolom alur di portal,” tukasnya. (Siska Thresia)

37 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY