Sekda Depok Sambut Baik Kebijakan Pemangkasan Eselon

0
16

www.depoktren.com–Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, menyambut baik kebijakan pemangkasan jabatan eselon. Pasalnya, hal tersebut diyakini mujarab terutama dalam hal efisiensi dan memangkas panjangnya birokrasi.

Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Depok Hardiono mengatakan, kebijakan tersebut memang seharusnya diterapkan di Kementerian sehingga lembaga negara tersebut akan lebih terfokus dalam melaksanakan tugasnya.

“Untuk di kementrian, saya setuju cukup eselon satu dan dua, yang kebawahnya untuk tenaga fungsional saja sesuai dengan kompetensinya masing masing,” ujar Hardiono di Balai Kota Depok, Rabu (14/11/2019).

Namun, apabila pemangkasan tersebut juga diterapkan di daerah seperti Kabupaten maupun Kota tentu butuh penyesuaian. Melihat Pemerintah Daerah (Pemda) merupakan pemegang kebijakan teritorial. “Untuk Pemda cukup Wali Kota, Sekda, lalu Camat dan Lurah tetap ada. Kemudian kalau Kedinasan mungkin dari Wali Kota langsung ke Kepala Dinas yang diturunkan ke seluruh bagian fungsional,” tutur Hardiono.

Oleh sebab itu, konsep pemangkasan itu harus diuji coba terlebih dahulu oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), tidak langsung, diterapkan begitu saja. “Jadi, apabila memang mau diterapkan di daerah Presiden bisa memanggil seluruh Kepala Daerah dan meminta masukan-masukan mereka sehingga kebijakan tersebut efektif nantinya,” pungkas Hardiono.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi mengatakan kebijakan pemangkasan jabatan eselon akan dimulai dari eselon IV. Pemangkasan jabatan eselon juga merupakan salah satu bentuk reformasi birokrasi. Hal itu bertujuan agar paralel dengan pemangkasan regulasi di tiap kementerian.

Nantinya dipastikan pejabat Eselon III, IV, dan V diperkirakan terdampak rencana kebijakan tersebut. Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo mengatakan konsep pemangkasan eselon disiapkan dalam waktu enam bulan. (Okta)

16 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY