Disnaker Depok Usulkan PHL Dapat Kartu BPJS Ketenagakerjaan

0
30

www.depoktren.com–Pentingnya setiap karyawan mendapat jaminan kecelakaan kerja, menjadi perhatian khusus Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok. Untuk itu, Disnaker Kota Depok mengusulkan agar Pekerja Harian Lepas (PHL) juga mendapat kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan (TK).

“Ini sebenarnya usulan langsung dari BPJS TK Kota Depok. Kami mencoba memfasilitasi dan kita ajukan ke Sekretaris Daerah (Sekda) serta Wali Kota Depok,” ujar Kepala Disnaker Kota Depok, Manto, di Balai Kota Depok, Jumat (15/11/2019).

Dia menambahkan, PHL juga berhak mendapatkan jaminan, terutama kecelakaan kerja. Mengingat setiap pekerjaan memiliki risiko. “Poin yang kami usulkan adalah PHL yang bekerja di bawah tiga bulan, wajib hukumnya mendapat BPJS TK. Bahkan, seharusnya PHL yang bekerja 20 hari saja, juga harus didaftarkan BPJS TK oleh perusahaan,” terangnya.

Menurut Manto, usulan ini bisa disetujui pimpinan dan apalagi bisa diusukan untik dibuatkan Peraturan Wali Kota (Perwal). “Syukur-syukur ada Perwalnya, jadi perusahaaan bisa lebih tunduk dengan aturan yang berlaku. Ini upaya kami dalam memberikan kepercayaan dan jaminan kecelakaan kerja kepada seluruh karyawan, tanpa membanding-bandingkan. Mudah-mudahan segera disetujui,” harapnya. (Papi Ipul)

30 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY