Cegah TB, Puskesmas Villa Pertiwi Luncurkan Rukobatik

0
140

www.depoktren.com–Puskesmas Villa Pertiwi, Kecamatan Cilodong, Kota Depok meluncurkan program Rumah Konsultasi Berantas Tuberkulosis (TB) Inovatif Komprehensif (Rukobatik). Hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan penyakit TB.

Kepala Puskesmas Villa Pertiwi, Toni Hermawan mengatakan, program tersebut merupakan aspirasi dari masyarakat di wilayah Kecamatan Cilodong melalui rapat kordinasi lintas sektoral yang telah diadakan beberapa waktu lalu. Dengan tujuan untuk memberantas penyakit TB yang ada di wilayah Kecamatan Cilodong.

“Melalui program ini kami ingin mewujudkan satu RW yang peduli terhadap penyakit TB, serta berupaya bersama-sama mengurangi jumlah kasus TB di wilayah Kecamatan Cilodong,” ujar Toni di Puskesmas Villa Pertiwi, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jumat (15/11/2019).

Menurut Toni, tahap awal dari program Rukobatik akan diterapkan di RW 02, Kelurahan Sukamaju. “Di wilayah tersebut terdapat penderita TB terbanyak. RW 02 ini akan kami jadikan percontohan untuk selanjutnya diterapkan di RW lain di Kelurahan Sukamaju,” tuturnya.

Dia menambahkan, untuk menyukseskan program Rukobatik, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 20 kader atau disebut pejuang TB yang bertugas membantu mencari kasus baru terduga TB, memotivasi pasien TB setelah pengobatan serta mengupayakan penggalangan bahan makanan bergizi untuk pasien TB yang kurang mampu.

“Selain itu, Pejuang TB juga melakukan pendataan , pencatatan dan pelaporan kasus-kasus TB di wilayah RW 02 yang berobat di luar Puskesmas villa Pertiwi,” terangnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengapresiasi Puskesmas Villa Pertiwi yang meluncurkan program Rukobatik sebagai upaya pencegahan penyakit TB. “Kami juga mengajak warga untuk mewaspadai bahaya penyakit TB dan termasuk penyakit menular yang bisa menyebar kepada siapa saja, tanpa terkecuali. Penyakit menular ini juga menjadi salah satu dari sepuluh penyakit penyebab kematian,” jelas Kepala Dinkes Depok, Novarita.

Menurut Novarita di dunia kesehatan, infeksi penyakit TB masih menjadi masalah global atau nasional. “Pengobatan TB atau yang sering disebut flek paru ini tidak mudah dan murah, karena proses penyembuhannya juga bersifat jangka panjang,” terangnya.

Novarita menjelaskan, jika, penderita yang tidak ditangani secara tuntas, bisa mengakibatkan kebal terhadap TB dan menyebarkannya penularan kepada orang lain melalui udara.

“Ya harus ada kesadaran masyarakat agar bisa terhindar dari penyakit ini yakni dengan menggunakan masker apabila sedang batuk atau influenza, rajin mencuci tangan sebelum beraktivitas. Harapannya Indonesia Bebas TB mulai dari diri sendiri yakni kesadaran untuk melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta berkontribusi aktif dalam menyosialisasikannya,” pungkasnya. (Amir)

 140 total views

LEAVE A REPLY