DLHK Depok Latih Tim Pengendalian Limbah B3, Tanggani Limbah Cepat dan Tepat

0
163

www.depoktren.com–Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok menggelar Pelatihan Kedaruratan Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) di Wisma Hijau, Cimanggis, Kota Depok, Selasa (19/11/2019).

“Sadar akan pentingnya penanganan kedaruratan yang ditimbulkan dari limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), DLHK Kota Depok melakukan pelatihan penanganan limbah B3. Kegiatan dilakukan dengan menyasar tim yang tergabung dalam pengendalian limbah B3,” ujar Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Penaatan Lingkungan DLHK Kota Depok, Bambang Supoyo.

Dia menambahkan, pihaknya juga mengundang tim yang tergabung seperti, Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan, Dinas Perhubungan (Dishub), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok untuk mengikuti kegiatan ini.

Dalam kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap dua tahun sekali tersebut, DLHK mencoba memberikan edukasi terkait pentingnya cara menanggulangi musibah jika terjadi kedaruratan yang ditimbulkan dari limbah B3.

“Pentingnya menjaga lingkungan hidup dari limbah B3 perlu diterapkan pada setiap industri maupun rumah sakit, salah satunya dengan melakukan pengolahan limbah sebelum dibuang. Melalui kegiatan ini, anggota tim dituntut untuk bisa mengajak masyarakat peduli terhadap bahaya limbah yang sewaktu-waktu dapat menimbulkan musibah kebakaran dan penyebaran penyakit lainnya,” jelas Supoyo.

Dia berharap, usai pelatihan ini, anggota tim bisa lebih tanggap dan peka dalam menangani limbah B3. Tentunya dengan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) masing-masing Perangkat Daerah (PD).

“Sejauh ini memang belum ada kejadian yang butuh penanganan serius. Namun, kami berusaha untuk tanggap dan sigap. Komuniasi dan koordinasi juga terus kita jalin, mudah-mudahan ke depan upaya penanganan bisa lebih maksimal,” pungkas Supoyo. (Jon Domba)

 163 total views

LEAVE A REPLY