Puluhan Pelajar SMPN 20 Terjangkit Hepatitis A, Sekolah Tak Perlu Diliburkan

0
163

www.depoktren.com–Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok menyatakan bahwa sekolah tidak perlu diliburkan karena wabah Hepatitis A yang menyerang para puluhan pelajar dan guru di SMPN 20 Depok.

“Tadinya kami mau meliburkan sekolah tapi pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok merekomendasi tidak perlu diliburkan. Pertimbangannya karena akan memudahkan memantau penyebaran virus Hepatitis A. Jika diliburkan akan sulit memantau siswa. Solusinya segera akan dilakukan vaksin Hepatitis A,” ujar Kepala Disdik Kota Depok Mohammad Thamrin saat meninjau ke SMPN 20 Depok, Rabu (20/11/2019).

Dia menambahkan, Dinkes Kota Depok segera mengumumkan hasil sampel darah dari perwakilan siswa yang terjangkit virus Hepatitis A. “Saat ini Dinkes Kota Depok sedang melakukan uji laboratorium dan pemeriksaan darah para siswa yang terjangkit virus Hepatitis A. Hal ini dilakukan untuk mengetahui pencegahan dan penyebabnya,” tutur Thamrin.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Hardiono yabg juga langsung mendatangi dan mengecek ke SMPN 20 Depok terkait terjangkitnya penyakit menular Hepatitis yang di alami sekitar 60 siswa SMPN 20 Depok.

“Memang benar adanya para siswa terindikasi terjangkit Hepatitis A dan beberapa orangtua juga melaporkan bahwa anaknya terkena penyakit Hepatitis A. Saya berharap nanti dinas terkait melakukan upaya promotif, preventif dan rehabilitatif,” ujar Hardiono.

Dia berharap kondisi ini akan cepat terselesaikan sehingga kegiatan belajar mengajar kembali normal dan menghimbau untuk tetap dalam koridor PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) kepada semua siswa maupun perangkat sekolah. “Saya sudah perintahkan untuk segera dinas terkait mengambil tindakan cepat melakulan pencegahan penyebaran virus Hepatitis A dan mengobati para siswa yang terjangkit virus Hepatitis A,” harap Hardiono.

Kepala Sekolah SMPN 20 Depok Komar Suparman memaparkan, awal diketahui kalau siswanya terjangkit hlHepatitis A pada Senin (18/11) ketika di laksanakannya upacara, banyak siswa yang merasa pusing namun tidak menduga bahwa itu penyakit Hepatitis A sebelum di cek oleh Dinkes Kota Depok dan Puskesmas Rangkapan Jaya.

“Awalnya, 31 siswa, korban terus bertambah menjadi 60 siswa dan sekarang laporannya ada 70 siswa yang terjangkit virus Hepatitis A. Para siswa semuanya sudah diambil sample darahnya. Kami juga memeriksa lingkungan sekitar seperti air, makanan, kantin, dan jajanan yang ada disekitar area sekolah,” ungkapnya. (Jon Domba)

 163 total views

LEAVE A REPLY