Selain Bunaken, Ini Dia Destinasi Wisata di Sulut yang Wajib Dikunjungi

0
44

www.depoktren.com–Sulawesi Utara (Sulut) banyak potensi wisata yang indah, keren dan menarik untuk dikinjungi. Mulai dari perbukitan, pegunungan hingga laut.

Selain tentunya Bunaken yang sudah menginternasional, bagi Anda yang ingin berencana liburan ke Sulut dengan ibukotanya Manado, ada beberapa destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

*1. Danau Tondano*

Terletak diantara Kecamatan Kakas, Kecamatan Tondano Selatan, Kecamatan Tondano Timur, dan Kecamatan Remboken, Danau Tondano ini memiliki luas mencapai lebih dari 4.000 hektare.

Danau Tondano ini merupakan danau terbesar kedua di Indonesia setalah Danau Toba di Sumatra Utara. Sebenarnya, kawasan wisata ini dulunya merupakan hasil letusan dari gunung purba. Letaknya yang berada di dataran tinggi juga membuat danau ini menjadi tempat berkembang biak beragam jenis ikan tawar yang dapat diambil oleh warga sekitar.

Memang tak ada biaya masuk yang diberikan kepada pengunjung yang berwisata di Danau Tondano ini. Namun jika Anda ingin mengetahui aktifitas nelayan secara lebih dekat, Anda dikenakan biaya sebesar Rp. 50.000-100.000 untuk sekali jalan. Anda juga bisa memancing sendiri ikan yang ada di dalam danau.

*2. Taman Nasional Bunaken*

Destinasi wisata yang jadi unggulan Sulawesi Utara pastinya Taman Nasional Bunaken. Terletak di Pulau Bunaken dengan luas mencapai 890 km persegi, kawasan ini jadi “surga” bagi para pecinta terumbu karang dan keindahan bawah laut.

Selain itu, kawasan ini merupakan representasi Indonesia (selain Raja Ampat, Papua) di ekosistem bawah laut dunia, sebab Bunaken menyimpan lebih dari 300 spesies terumbu karang dunia, spesies ikan langka, mamalia laut, dan reptil endemik. Tak salah jika banyak turis baik dari dalam maupun luar negeri mengunjungi tempat kece yang satu ini.

Untuk sampai ke kawasan pariwisata standar internasional ini, dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dari Manado menggunakan kapal atau speed boat. Sesampainya di Bunaken, Anda bisa mengunjungi lebih dari 20 titik spot penyelaman yang bisa digunakan.

Meskipun harga tiket masuk dan penginapan di tempat ini sangat mahal, namun bakal terbayar dengan ekosistem alam bawah laut yang tidak ada duanya.

*3. Bukit Kasih*

Jika bosan dengan wisata alam, Sulawesi Utara juga mempunyai destinasi wisata lain yang berbasis agama. Namanya Bukit Kasih, yang juga dikenal sebagai tempat atau simbol kerukunan antar umat beragama. Kalau Anda ingin menuju ke lokasi ini, dari Ibukota Manado 90 menit menuju Kecamatan Kawangkang, Kota Minahasa.

Di dalam kawasan Bukit Kasih, Anda akan dapat menyaksikan bagaimana lima agama besar direpresentasikan rukun dan damai dalam satu wilayah. Bangunan tempat ibadah saling melengkapi satu sama lain.

Bukit Kasih mulai digunakan sebagai simbol toleransi mulai tahun 2002, dengan tujuan sebagai alat pemersatu bangsa oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara. Terdapat pula beberapa tempat penginapan yang bisa Anda pakai untuk tempat tinggal sementara.

Bagi Anda yang ingin ke Bukit Kasih, direkomendasikan untuk membawa peralatan pribadi dan kesehatan yang lengkap karena medan yang dilalui akan sangat menguras tenaga, terutama bagi wisatawan yang sudah berusia lanjut atau memiliki penyakit lainnya.

*4. Waruga Sawangan*

Sulawesi Utara juga punya destinasi wisata sejarah yang wajib untuk dikunjungi, namanya Waruga Sawangan. Berlokasi di Kota Minahasa, tempat ini terkenal dengan sejarah pemakaman yang sudah dilestarikan berabad-abad lalu oleh warga setempat.

Waruga sendiri merupakan jenis sarkofagus (batu di zaman dulu) yang dipakai oleh Suku Minahasa untuk membangun makam bagi kelompoknya. Di situs sejarah Waruga Sawangan ini terdapat lebih dari 100 sarkofagus yang tersusun rapi di dalam sebuah tempat dengan ketinggian 235 meter di atas permukaan laut (Mdpl).

Tempat ini sangat jauh dari pemukiman warga. Keunikan tempat makam yang tak sama dengan pemakaman lainnya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk mengunjungi tempat ini.

*5. Kota Bunga Tomohon*

Jika ingin menikmati indahnya landscape perkotaan, Tomohon bisa jadi destinasi selanjutnya yang bisa Anda kunjungi. Dikenal sebagai Kota Bunga, Tomohon menyimpan ragam jenis bunga yang tersebar di setiap sudut kotanya. Tak heran jika kota ini punya udara yang sejuk dan nyaman untuk ditinggali.

Hal ini tidak terlepas dari kerjasama antara pemerintah dan warganya untuk menanam ragam jenis bunga. Banyak wisatawan yang menyebut jika mengunjungi Tomohon seperti melakukan plesir ke Negara Jepang.

Di kota ini juga setiap tahunnya diselenggarakan festival bunga bertaraf internasional, sehingga banyak mengundang turis baik dari dalam atau luar negeri.

Buat Jadwal Liburan dengan Tepat
Bagi Anda yang akan ke Sulawesi Utara untuk berlibur, sebaiknya buatlah jadwal dengan tepat mengingat ada ragam wisata yang menarik dan patut untuk dikunjungi. Contohnya saja, dalam satu hari akan berkunjung ke dua tempat wisata yang jarak tempuhnya berdekatan dan sebagainya.

Dengan pengaturan waktu liburan yang tepat tentunya Anda bisa berkunjung ke semua tempat wisata Sulawesi Utara. Selain itu juga akan membuat Anda bisa menikmati liburan dan terasa sangat menyenangkan. (Siska Thresia)

44 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY