Ratusan Operator SMP di Depok Dibekali Cara Input Data di Bio UN

0
268

www.depoktren.com–Ratusan Operator SMP sederajat se-Kota Depok, mengikuti pembekalan terkait pendataan sekolah dan calon peserta UN 2020, yang diinput ke dalam aplikasi Bio Ujian Nasional (UN) di SMPN 2 Depok.

Ada Sebanyak 300 operator SMP sederajat yang diberikan pembekalan terkait tata cara menginput data di aplikasi Bio UN yang digagas Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok. “Kegiatan ini bertujuan untuk meminimalisir kesalahan pendataan sekolah dan calon peserta UN jenjang SMP tahun 2020,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMP Disdik Depok, Mulyadi di Balai Kota Depok, Selasa (26/11/2019).

Mulyadi mengatakan, kegiatan pendataan sekolah dan calon peserta ujian dilakukan setiap tahun. Melalui pembekalan ini, para operator yang bertugas menginput data, mengetahui informasi yang harus dimasukan dalam Bio UN.

“Bukan hanya menyangkut data siswa, termasuk menginput data terbaru, apabila ada pergantian kepala sekolah, ini yang sering luput dari pengawasan satuan pendidikan,” terangnya.

Dia menambahkan, bahkan, termasuk kurikulum yang digunakan sekolah, jangan sampai sekolah yang sudah berbasis kurikulum 2013 atau kurtilas namun terdata kurikulum 2006.

“Bagi sekolah yang baru pertama kali menyelenggarakan UN, harus mempunyai nomor akun (usser) dan id, agar bisa mengoperasionalkan Bio UN. Semua pengetahuan ini, sambungnya, yang diajarkan dalam pembekalan tersebut. Mudah-mudahan ilmu-ilmu yang diberikan bermanfaat. Lebih utamanya, membantu operator melaksanakan dalam tugas mereka saat menginput data,” harap Mulyadi.

Sementara itu, memperingati Hari Guru dan HUT Korpri 2019, Disdik Kota Depok mengajak para Guru dan Karyawan SMPN se-Kota Depok Guyub Bareng di Taman Wiladatika, Cibubur, Kota Depok, Sabtu (23/11).

Kegiatan yang mengangkat tema “Meningkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad 21” dihadiri 1.300 an guru dan karyawan se-Kota Depok. “Kegiatan guyub bersama ini membangun silaturahim sesama guru dengan berbagai perlombaan, diantaranya lomba futsal, tarik tambang, voli, bakiak dan olah vocal,” ujar Kepala Disdik Kota Depok, Mohammad Thamrin.

Dia mengutarakan, kegiatan ini sesuatu yang belum pernah sebelumnya dilaksanakan bersama. “Dengan Guyub Bersama ini dalam suatu acara, tentunya menjadi yang sangat sesuatu bagi para guru dan karyawan sekolah se-Kota Depok, yang tadinya tidak kenal jadi kenal, yang belum akrab menjadi akrab, jadi saat ada rotasi penempatan mengajar di SMP manapun sudah tidak canggung lagi, karena sudah saling mengenal sebelumnya,” tutur Thamrin.

Menurut Thamrin, sesuai dengan tema Guru Penggerak Indonesia Maju, tentunya yang pertama, harus senantiasa meningkatkan karakter. “Ini bisa karakter moral, karakter kinerja dan disiplin. Selanjutnya, berkaitan dengan peningkatan kompetensi yang senantiasa pula terus ditingkatkan, karena kita juga mengantisipasi pembelajaran abad 21 pemahaman materi pengembangan, dimana ini sangat diperlukan sekali untuk guru senantiasa untuk melakukan peningkatan kompetensinya,” tuturnya.

Yang ketiga, lanjut Thamrin, guru hendaknya bisa membuat inovasi- inovasi dalam kegiatan belajar mengajar, inovasi dalam pengembangan bakat minat siswa, maupun inovasi jnovasi lainya yang dapat dikembangkan disetiap satuan pendidikan.

“Ketiga hal ini yaitu peningkatan karakter, peningkatan kompetensi dan pengembangan inovasi. Insya Allah, guru dapat menjadi penggerak yang baik untuk menciptakan kualitas sumber daya manusia yang unggul khususnya di Kota Depok,” harap dia. (Wahyu Gondrong)

 268 total views

LEAVE A REPLY