6 Mahasiswa FIK-UI Lakukan Pengabdian di Kelurahan Mekarjaya

0
153

www.depoktren.com–Sebanyak 6 mahasiswa pasca sarjana (S-2) Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) Universitas Indonesia (UI) melakukan program pengabdian (residensi) di Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok. Kegiatan kemasyarakatan ini berlangsung dari Oktober hingga April 2020.

Lurah Mekarjaya, Zainal Arifin menyambut baik kedatangan para mahasiswa UI tersebut dan berharap, keberadaan para mahasiswa ini melalui program-programnya, berdampak positif terhadap tingkat kesehatan warganya.

“Mudah-mudahan membawa pengaruh positif untuk masyarakat. Salah satunya meningkatkan kesehatan warga kami,” kata Zainal di ruang kerjanya, Rabu (27/11/2019).

Menurut Zainal, fokus program residensi ini terkait pendidikan dan kesehatan. Zainal menambahkan, ada dua sekolah yang menjadi lokasi khusus (lokus) residensi, yaitu SMPN 4 Kota Depok dan SMPN 22 Kota Depok.

“Mereka juga akan mencoba mempelajari manajemen pelayanan Posyandu dan Posbindu di seluruh wilayah Mekarjaya, dengan turut bersama kader memberikan pelayanan kesehatan,” jelasnya.

Dia menambahkan, belum lama ini, mereka juga mengadakan sosialisasi terkait penanganan depresi untuk para lanjut usia (lansia). Selain juga, sambungnya, memberikan edukasi tentang penggunaan gawai (gadget) yang bijak kepada para pelajar.

“Nantinya dari meningkatnya kesehatan, mudah-mudahan kegiatan-kegiatan mereka, berdampak juga pada Indeks Pembagunan Masyarakat (IPM) di wilayah kami,” tandas Zaenal. (Siska Thresia/Papi Ipul)

 152 total views

LEAVE A REPLY