150 Guru di Depok Ikuti Pasanggiri Basa-Seni Sunda

0
178

www.depoktren.com–Upaya lestarikan budaya lokal, sebanyak 150 guru bahasa Sunda mengikuti kegiatan Pasanggiri Basa dan Seni Sunda se-Kota Depok 2019 di SMA Sejahtera 1, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. Lomba bahasa Sunda ini digelar untuk meningkatkan kemampuan guru dalam bidang bahasa dan sastra Sunda.

“Selain meningkatkan kompetensi, kompetisi ini juga menambah pengalaman guru dalam praktik lomba bahasa Sunda,” ujar Pengawas Bahasa Sunda, Dinas Pendidikan (Disdik).Kota Depok, Daningsih Kurnia di Balai Kota Depok, Kamis (28/11/2019).

Menurut Daningsih, Pasanggiri Basa Sunda tersebut digagas oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Kelompok Kerja Guru (KKG) Basa Sunda Kota Depok, bekerja sama dengan Ikatan Budaya Sunda (IBS) Kota Depok. Kegiatan ini terdiri dari empat mata lomba antara lain membaca sajak Sunda, pupuh, kawih, dan mendongeng.

“Paling banyak pesertanya lomba membaca sajak. Mereka terdiri dari guru jenjang pendidikan SD hingga SMA se-Kota Depok,” ungkap Daningsih.

Dia menambahkan, melalui kegiatan tersebut, diharapkan menjadi upaya dalam melestarikan budaya dan bahasa Sunda. Selain itu, menjadi motivasi guru untuk meningkatkan pembelajaran bahasa Sunda di Kota Depok.

“Diharapkan dengan kegiatan ini, kita dapat ikut melestarikan budaya dan bahasa Sunda di Kota Depok khususnya dan di wilayah Priangan Jawa Barat (Jabar) pada umumnya,” pungkas Daningsih.

Kepala Disdik Kota Depok, Mohammad Thamrin mengatakan, Bahasa Sunda diajarkan di sekolah-sekolah di Kota Depok, terutama di sekolah jejang SD. “Kota Depok termasuk miniatur Indonesia, dimana penduduknya berlatar belakang dari berbagai daerah di Indonesia, tapi wilayahnya masuk Provinsi Jabar dan tentu kita harus melestarikan budaya Sunda diantaranya melalui Bahada Sunda yang diajarkan di sekolah di Kota Depok,” tuturnya.

Dia mengutarakan, guru Bahasa Sunda dapat berperan dalam pelestarian seni dan budaya Sunda di Kota Depok. “Potensi guru Bahasa Sunda di Kota Depok sudah sangat baik,” ucap Thamrin. (Siska Thresia)

 178 total views

LEAVE A REPLY