Depok Telah Miliki 361 RW Ramah Anak untuk Cegah Eksploitasi Seks Anak

0
20

www.depoktren.com–Dinas Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat, dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok telah membentuk sebanyak 361 RW Ramah Anak dari 911 RW yang ada di Kota Depok. Pembentukan RW Ramah Anak salah satunya sebagai upaya untuk pencegahan kekerasan seksual terhadap anak.

“Kami bertekad seluruh RW yang berjumlah 911 RW menjadi RW Ramah Anak,” ujar Kepala Dinas Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat, dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, Nessi Annisa Handari dalam keterangan pers yang diterima depoktren.com, Kamis (28/11/2019).

Dia menambahkan, pihaknya juga telah melakukan berbagai upaya dalam memberikan perlindungan terhadap anak, diantaranya membentuk Gerakan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM).

“PATMB merupakan, sebuah jaringan atau kelompok masyarakat yang bekerja secara terpadu untuk mencegah kekerasan terhadap anak serta memberikan respons cepat terhadap berbagai kasus kekerasan terhadap anak,” jelas Nessi.

Dia juga meminta kepada seluruh pihak untuk ikut terlibat dalam mencegah eksploitasi seksual terhadap anak berbasis siber atau internet, karena perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, potensi eksploitasi seksual terhadap anak semakin meningkat dan bisa terjadi kapan saja.

“Persoalan eksploitasi anak tidak bisa diselesaikan oleh satu sektor saja. Tetapi, butuh sinergisitas seluruh stakeholder, mulai dari orang tua, guru, tokoh masyarakat, tokoh agama, kepolisian, hingga pemerintah,” tutur Nessi.

Menurut Nessi, upaya pencegahan eksploitasi seksual terhadap anak dimulai dari lingkungan keluarga. Orang tua memiliki peranan yang sangat besar dalam mengajarkan anak tentang dampak positif dan negatif dari penggunaan internet, serta bagaimana cara menyaring informasi yang bermanfaat bagi anak.

“Apabila seluruh stakholder ini dapat bekerja sama, kami berharap Kota Depok bisa terbebas dari predator eksploitasi seksual terhadap anak,” pungkasnya. (Siska Thresia)

20 total views, 2 views today

LEAVE A REPLY