Dinkes Depok Keluarkan SKD Kasus Hepatitis A

0
276

www.depoktren.com–Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok melakukan penanganan terhadap penyakit wabah Hepatitis A di SMPN 20 Depok dengan mengeluarkan Sistem Kewaspadaan Dini (SKD) Hepatitis A.

“Ini sebagai upaya pencegahan (preventif) pada seluruh stakeholder untuk mengenali kondisi orang yang terkena Hepatitis A,” ujar Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita di SMPN 20 Kota Depok, Jumat (29/11/2019).

SKD ini dibuat dan disebarkan khususnya pada seluruh pamong camat dan lurah se-Kota Depok. “Guna meningkatkan kewaspadaan kita semua terkait ciri-ciri, sekaligus cara penanggulangan orang yang sudah terkena penyakit Hepatitis A,” terangnya.

Dalam SKD bernomor 443.33/6569-P2P, tertulis virus Hepatitis A ini dapat disebabkan oleh makanan atau minuman yang tidak diolah dengan baik dan bersih. Termasuk kurang memperhatikan kebersihan pribadi dan lingkungan yang buruk.

“Dari poin ini, diharapkan camat dan lurah dapat langsung merespons dengan melihat kebersihan di lingkungan sekitar. Selanjutnya, menggencarkan sosialisasi terkait perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS),” jelasnya.

Novarita mengimbau camat dan lurah segera melaporkan apabila ditemukan ada warga yang terindikasi penyakit hepatitis A. Selain itu, bersama instansi terkait melakukan peningkatan sanitasi lingkungan dan pemantauan terhadap tempat pengolahan makanan untuk mengurangi kontaminasi makanan dan air.

“Pencegahan penyakit Hepatitis A ini merupakan tugas seluruh perangkat daerah. Bukan hanya tanggungjawab Dinkes atau sekolah, melainkan tugas bersama,” pungkas Novarita. (Papi Ipul)

 276 total views

LEAVE A REPLY