Pengaruh Medsos, 219 ASN di Depok Jadi Janda

0
105

www.depoktren.com–Tren angka perceraian di Kota Depok dan yang cukup memprihatinkan, ternyata ada sebanyak 219 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Kota Depok resmi bercerai dari 2.616 kasus perceraian pada 2019.

Mayoritas penyebab kasus perceraian diakibatkan media sosial (Medsos) seperti Facebook (Fb), Whatsapp (Wa) dan jejaring lainnya.

Humas Pengadilan Agama (PA) Depok, Dindin Syarief mengatakan, sejak Januari hingga Oktober ini, ada 219 kasus perceraian dilakukan ASN. “Perceraian ASN ini campuran, ada yang ASN Depok ada juga ASN dari instansi lain,” ujar Dindin seperti dikutip dari Radar Depok, Kamis (28/11/2019).

Dia menjelaskan, alasan perceraian ASN tidak jauh berbeda dari percerian masyarakat pada umumnya. Lagi–lagi media sosial (medsos) yang menjadi biang keladinya. “Kalau masalah ekonomi kecil faktornya, karena ASN termasuk profesi yang mapan,” ucapnya.

Menurut Dindin, saat ini juga masih banyak kasus perceraian ASN yang sedang disidangkan, maupun baru didaftarkan para penggugat dan pemohon. Sehingga pada akhir tahun jumlahnya bisa bertambah. “ASN itu kalau cerai syaratnya agak lebih rumit, karena membutuhkan izin dari atasan mereka,” tuturnya.

Dia melanjutkan, jika ASN tidak melampirkan surat izin dari atasa, pengadilan akan menunda persidangan. Pengadilan memberi waktu enam bulan bagi ASN untuk melapirkan surat izin cerai. “Umumnya didominasi gugat cerai bukan talak cerai. Dengan begitu perempuan yang mengajukan,” ungkap Dindin.

Namun, jika ASN tersebut tetap ngotot untuk melangsungkan sidang perceraian. Pengadilan akan meminta yang bersangkutan untuk membuat surat pernyataan siap menanggung semua resiko yang timbul akibat tidak meminta izin. “Bisa saja diproses peradilanya, tapi resiko bagi ASN yang tidak mendapat izin bisa dipecat oleh instansinya,” terang Dindin.

Sekretaris Badan (Sekban) BKPSDM Kota Depok, Mary Liziawati mengaku, belum mengetahui berapa jumlah ASN di Pemerintahan Kota Depok yang mengajukan izin cerai, maupun yang sudah bercerai. “Saya gak hafal datanya,” jawabnya singkat. (Papi Ipul)

 105 total views

LEAVE A REPLY