Kelurahan Tanah Baru akan Rintis Usaha Suvenir Kaktus

0
123

www.depoktren.com–Kelurahan Tanah Baru bersama Karang Taruna (Katar) akan merintis usaha kreasi suvenir kaktus. Hal tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut dari pelatihan Usaha Menengah Kecil (UMK) yang dilakukan beberapa waktu lalu.

Lurah Tanah Baru, Zakky Fauzan mengatakan, Katar merupakan salah satu unsur yang diikutsertakan dalam pelatihan UMK. Dalam pelatihan tersebut, para peserta juga melakukan kunjungan langsung ke tempat usaha yang sudah maju.

“Kita melakukan kunjungan ke tempat budi daya kaktus di Lembang. Di sana mereka belajar menanam dan merawat kaktus. Ternyata anak-anak ini tertarik untuk merintis usaha kaktus,” ujar Zakky, Sabtu (30/11/2019).

Menurut Zakky, dengan semangat itu pihaknya akan turut mendukung Katar untuk berdaya. Hal itu juga sebagai bentuk pemberdayaan ekonomi, agar Katar memiliki usaha produktif.

“Sebelum membangun usaha ini mereka telah memiliki pasar sendiri. Tentu kami harus memfasiltasi. Kami sepakat membangun kebun kaktus di area kantor kelurahan. Selain untuk keindahan, lahan itu bisa menjadi tempat budi daya kaktus,” jelasnya.

Dia menambahkan, untuk langkah awal pihaknya akan membeli 200 bibit kaktus. Bibit tersebut akan dirawat oleh Katar Kelurahan Tanah Baru.

“Nanti ketika sudah siap kami akan luncurkan taman kaktus. Mudah-mudahan Katar Tanah Baru dapat berdaya seusai dengan visi mereka. Ini menjadi penguat mental mereka ketika nanti merintis usaha secara mandiri,” pungkas Zakky. (Papi Ipul)

 123 total views

LEAVE A REPLY