Tahlil Akbar Peringati Seribu Hari Wafatnya KH. Hasyim Muzadi

0
218

www.depoktren.com–Peringatan seribu hari wafatnya KH. Hasyim Muzadi berjalan dengan khusyuk dan khidmat. Acara tersebut diselenggarakan di dua tempat yaitu, di Pesantren Al-Hikam Malang Jawa Timur dan Al-Hikam Depok Jawa Barat.

“Kegiatan ini dipusatkan di Pesantren Al-Hikam Malang, semua keluarga Abah (Alm. Hasyim Muzadi-red) hadir di Malang. Sementara yang di Depok juga diadakan acara khataman Al-Qur’an yang dilakukan para santri STKQ Al-Hikam II Depok sejak sehari sebelum acara. Alumni, para kiyai dan tokoh masyarakat hadir dalam acara tersebut,” ujar Pengasuh Pesantren Al-Hikam Depok KH. Yusron Ash-Shidqi di Pesantren Al Hikam Depok, Minggu (15/12/2019).

Menurut Yusron, dalam memperingati seribu hari wafatnya Abah juga diisi dengan pembacaan Tahlil Akbar. Pembacaan tahlil juga di Pesantren dan Majelis binaan almarhum seperti di Papua, Natuna, Aceh dan lainnya. “Dinamakan Tahlil Akbar karena pembacaan tahlil dan doa untuk almarhum dilakukan perwakilan se-nusantara dan warga Nahdliyyin. Apalagi, para santri STKQ Al-Hikam juga melakukan pengabdian di pulau terluar,” ujar putra bungsu Almarhum KH. Hasyim Muzadi ini.

Pengurus Pesantren Al-Hikam Depok Ustadz Hilmi mengungkapkan, dengan doa dan tahlil, diharapkan agar amal ibadah almarhum diterima Allah SWT. Ia menambahkan, khataman Al-Qur’an dan Semaan Al-Qur’an (baca Al-Qur’an 30 juz tanpa melihat teks-red). “Untuk yang di Malang, selain acara tahlilan dan khataman juga diisi dengan tausiyah agama,” terangnya. (Aan Humaidi)

 218 total views

LEAVE A REPLY