Kota Depok Miliki 300 Satgas Bela Negara dari Kalangan Pelajar

0
399

www.depoktren.com–Kota Depok saat ini memiliki 300 Satuan Tugas (Satgas) Bela Negara. Seluruhnya merupakan pelajar yang sebelumnya sudah diberikan pendidikan dan pelatihan (Diklat). Satgas Bela Negara di Kota Depok siap bertugas dan berkorban untuk negara.

“Tentu keberadaan Satgas Bela Negara memiliki semangat nasionalisme yang mengedepankan kejujuran, ketegasan, gotong royong, keadilan, dan loyalitas,” ujar Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok, Hakim Siregar usai pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-71 Tingkat Kota Depok di Lapangan Balai Kota Depok, Kamis (19/12/2019).

Hakim mengutarakan, jumlah seluruhnya di Kota Depok ada 300 Satgas Bela Negara. “Kami sudah punya tiga angkatan satgas. Semuanya sudah diberikan diklat untuk memperkuat rasa nasionalisme,” terangnya.

Menurut Hakim, Satgas Bela Negara tersebut memiliki tugas membela negara jika dalam keadaan genting. Namun, jika dalam keadaan aman dan tentram, tugas pokok mereka sesuai dengan bidangnya. “Karena mereka ini pelajar, dengan menimba ilmu dan berkontribusi dalam bidang pendidikan di wilayah sudah termasuk bela negara,” tuturnya.

Dia berharap, masyarakat dapat turut berkontribusi dalam bela negara. “Meskipun saat ini Kota Depok sudah memiliki Satgas Bela Negara, akan tetapi tidak menghilangkan peran serta masyarakat untuk bersinergi dalam meningkatkan keutuhan bangsa,” harap Hakim. (Papi Ipul)

 400 total views

LEAVE A REPLY