Polrestro Depok Kerahkan 1.065 Aparat Gabungan Amankan Nataru

0
92

www.depoktren.com–Polrestro Depok bersama Kodim 0508 Depok akan mengerahkan 1.065 personel akan mengamankan perayaan Natal dan tahun baru (Nataru). Aparat dari unsur polisi dan TNI juga akan ditempatkan menjaga 132 gereja yang ada di Kota Depok.

“Kami akan selalu siaga dan tidak mau kecolangan saat perayaan Nataru Hari dari hal-hal yang tak diinginkan,” ujar Kapolrestro Depok, AKBP Azis Adriansyah di Mapolrestro Depok, Kamis (19/12/2019).

Menurut Azis, pada pengamanan perayaan Nataru, pihaknya akan menerjunkan sebanyak 885 personel yang terdiri dari anggota Polrestro Depok dan anggota dari sejumlah Polsek di Kota Depok serta Satlantas Polrestro Depok. “Kami juga dapat tambahan personel dari Mako Brimob Polri,” terangnya.

Selain dari unsur Polri, lanjut Azis, l nantinya personel TNI dari Kodim Depok juga ikut mengamankan yang berjumlah 70 personel serta tambahan 130 aparaylt Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok. “Totalnya 1.065 personel aparat gabungan agar Kota Depok kondusif dari gangguan apapun,” tegasnya.

Dia menambahkan, selain itu, pihaknya juga akan membuat pos pengamanan dengan tajuk Pos Pam Ops Lilin, di sejumlah titik di Kota Depok. “Ada 10 pos pengamanan yang sudah ditentukan titiknya. POs ini nantinya juga akan membantu memperlancar lalu lintas di Kota Depok,” terangnya.

Dari 11 kecamatan yang ada di Kota Depok setelah didata ada 132 gereja dan 11 rumah ibadah. “Selain menempatkan personel pengamanan juga saat masuk gereja akan disiapkan metal detektor dan anjing polisi K9,” ungkap Azis.

Komandan Kodim 0508/Depok, Kolonel Inf Agus Isrok Mikroj mengatakan, pihaknya akan mengerahkan kekuatan penuh guna mengamankan perayaan Nataru.

“Seluruh personel Kodim akan bahu-membahu bersama kepolisian untuk menjamin kelancaran perayaan Natarul di 11 kecamatan di Kota Depok untuk memberi kenyamanan kepada masyarakat,” tuturnya.

Agus juga mengimbau masyarakat yang agar merayakan tahun baru tidak berlebihan dan menyarankan agar digelar dengan acara yang positif, yang memberikan dampak baik kepada kemajuan daerah utamanya kepada perkembangan generasi muda di Kota Depok. “Rayakanlah dengan cara sederhana saja, itu lebih baik, banyak positifnya,” himbaunya.

Kepala Dishub Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, guna memastikan kesiapan dan kelaikan setiap angkutan umum. Terutama yang akan melayani arus mudik maupun balik pada libur Natarul, pihaknya, akan melakukan pencegahan dini terhadap kecelakaan yang diakibatkan, karena masalah teknis kendaraan. Ramcek itu terdiri atas pengujian KIR maupun uji emisi.

Selain itu, sambung Dadang, bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok akan tes urin terhadap para sopir angkutan pada 20 Desember 2019 mendatang.

“Kami juga telah bekerja sama dengan dinas terkait dan kepolisian. Hal tersebut dimaksudkan agar bersama-sama mengawal jalannya arus mudik serta arus balik libur Nataru. Untuk mengamankan lalu lintas dari 24 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020,” ungkap Dadang.

Dia mejelaskan, guna mendukung kelancaran arus mudik Nataru, Dishub Depok memantau melalui Area Traffic Control System (ATCS). Termasuk titik-titik yang rawan kemacetan. Jadi, titik-titik yang dinilai rawan kemacetan ada upaya rekayasa lalu lintas. Dengan demikian, diharapkan bisa membantu mengurai kemacetan dan membantu masyarakat yang bepergian saat libur Nataru.

“Tentu upaya rekayasa arus lalu lintas tetap kami lakukan bersama dengan teman-teman kepolisian. Khususnya di titik-titik yang selama ini rawan macet,” jelas Dadang. (Wahyu Gondrong)

 92 total views

LEAVE A REPLY