Diskominfo Depok akan Gagas Aplikasi Berkonsep Perdagangan P2P

0
115

www.depoktren.com–Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok berencana menggagas aplikasi berkonsep Perdagangan Peer-to-Peer (P2P) yakni mempertemukan langsung pemodal dengan konsumen melalui perkembangan teknologi komunikasi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Sidik Mulyono mengatakan, gagasannya ini dilatarbelakangi kondisi pasar, yang setiap memasuki peringatan hari besar selalu mengalami peningkatan harga yang cukup signifikan.

Itu disebabkan proses sampainya berbagai barang pokok ke tangan konsumen harus dilalui banyak pihak, sehingga harga saat berada di konsumen menjadi cukup mahal.

“Dengan konsep P2P, nantinya keberadaan pasar justru hanya menjadi penyedia barang saja, sistem transaksinya dilakukan secara dalam jaringan (daring) atau online,” ujar Sidik di Balai Kota Depok, Sabtu (21/12/2019).

Menurut Sidik, konsep perdagangan P2P ini sudah marak dilakukan di sektor lainnya. Termasuk, di ranah bisnis perbankan, ketika investor lebih menyukai menginvestasikan uangnya langsung pada pelaku bisnis. “Melalui sistem P2P, masyarakat juga tidak perlu tergantung terhadap keberadaan pasar induk,” terangnya.

Dia meanmbahkan, kemudian, perubahan harga juga relatif bisa diprediksi. Masyarakat bisa memilih harga yang sesuai dengan kemampuannya.

“Dari sini barulah akan memunculkan persaingan yang sehat. Jadi, kami akan rancang konsep dari aplikasinya bersama tim. Sekaligus berkoordinasi dengan beragam instansi guna mematangkan konsep perdagangan P2P ini,” tutur dia. (Papi Ipul)

115 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY