Pilkada 2020, Bawaslu Depok Ajak Warga Jadi Pemantau Independen

0
88

www.depoktren.com–Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Depok mengajak berbagai elemen masyarakat untuk berpartisipasi sebagai pemantau independen dalam Pilkada Kota Depok 2020. Diharapkan dapat melakukan pengawasan Pilkada, mulai dari tahap awal, pemungutan suara hingga penetapan hasil.

“Kami sebagai lembaga yang mempunyai mandat untuk mengawasi proses Pemilu membutuhkan dukungan banyak pihak dalam aktivitas pengawasan saat Pilkada Kota Depok 2020,” ujar komisioner Bawaslu Depok Wili Sumarlin, dalam acara Refleksi Dan Evaluasi Pengawasan Pemilu Dalam Era Kekinian, di Wisma Hijau, Kota Depok, Kamis (19/12/2019) lalu.

Dia menambahkan, jajaran Bawaslu berterima kasih atas keikutsertaan kalangan muda sebagai pemantau independen saat Pemilu Legislatif dan Presdien. “Partisipasi ini, diharapkan berlanjut dalam Pilkada Kota Depok 2020,” ucap Wili.

Bawaslu merasa perlu mengevaluasi pengawasan saat Pemilu baru lalu. “Berbagai masukan dari warga Kota Depok yang turut memantau saat Pemilu menjadi bahan bagi Bawaslu untuk melakukan pembenahan sehingga pengawasan saat Pilkada Kota Depok 2020 agar lebih baik,” harap Wili.

Bawaslu Kota Depok menyoroti terhadap jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) yang secara terbuka mendukung figur yang akan mencalonkan dalam Pilkada Kota Depok 2020. “Kami telah mengagendakan sosialisasi pengawasan Pilkada ke jajaran ASN di Pemerintahan Kota (Pemkot) Depok,” terangnya.

Terkait keberpihakan ASN Kota Depok, Bawaslu akan mengacu kepada ketentuan yang berlaku. “Selama figur tersebut belum mendaftar sebagai calon kepala daerah, bila ada yang menyatakan dukungan, termasuk ASN, tidak bisa dikenai sanksi. Namun, para ASN diimbau untuk mengindahkan kode etik,” tutur Wili. (Papi Ipul)

 88 total views

LEAVE A REPLY