Vitamin C Bagus untuk Kesehatan Kulit

0
86

www.depoktren.com–Vitamin C disebut-sebut sebagai salah satu bahan anti-penuaan terbaik yang ada di pasaran. Vitamin C juga merupakan kunci untuk mempertahankan kulit yang halus, rata dan bercahaya.

Tidak diragukan lagi, tidak ada bahan yang pantas mendapatkan kategori khusus sendiri lebih dari Vitamin C. Antioksidan dalam Vit C juga telah menjadi bahan pokok dalam produk perawatan kulit di seluruh dunia. Dari pembersih, serum, pelembab hingga masker wajah, vit C menjadi bahan berbagai formula berkat sifatnya dan kemampuan regenerasi kulit.

Berikut merupakan apa saja yang perlu Anda ketahui mengenai Vitamin C dan fungsinya dalam produk perawatan kulit, dilansir di Times, Sabtu (21/12/2019):

Apa itu Vitamin C?

Vitamin C sebagai bahan dapat menetralkan radikal bebas karena sifat antioksidannya yang kuat. Vitamin C membantu proses regenerasi alami, membantu tubuh Anda memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Sama seperti saat kita mengonsumsi makanan kaya antioksidan yang membantu melawan radikal bebas, antioksidan topikal juga melakukan hal yang sama untuk kulit Anda dengan membantu mengimbangi penyerang harian seperti kerusakan UV dan paparan polusi udara.

Kekuatan melawan radikal bebas ini tidak hanya penting untuk membantu menjaga tanda-tanda penuaan dini. Ini juga dapat membantu melindungi kulit dari perubahan prekanker yang disebabkan oleh paparan UV.

Manfaat penyelamatan kulit oleh Vitamin C tidak hanya terbatas pada status antioksidannya. Ini memiliki banyak sifat penyembuhan kulit lainnya yang membuatnya layak menjadi tempat permanen di lemari obat Anda.

Beberapa manfaatnya antara lain:

Mempromosikan produksi kolagen

Vitamin C terkenal untuk meningkatkan produksi kolagen. Kolagen adalah protein yang terbentuk secara alami dan berkurang seiring bertambahnya usia. Kadar kolagen yang lebih rendah dapat menyebabkan garis-garis halus dan kerutan.

Melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari

Kerusakan akibat sinar matahari disebabkan oleh molekul yang disebut radikal bebas. Vitamin C kaya akan antioksidan, yang melindungi sel-sel kulit yang sehat dengan menyediakan radikal bebas ini sebuah elektron, menjadikannya tidak berbahaya.

Mengurangi tampilan lingkaran di bawah mata

Serum ini dapat membantu menghaluskan garis-garis halus dengan menepuk-nepuk dan melembabkan area bawah mata. Meskipun Vitamin C lebih efektif dalam mengurangi kemerahan secara keseluruhan, vitamin C diklaim dapat mengurangi perubahan warna yang terkait dengan lingkaran di bawah mata.

Bagaimana Anda bisa menambahkan Vitamin C ke dalam rutinitas perawatan kulit harian Anda?

Pahamilah bahwa kuncinya adalah bentuk Vitamin C yang diterapkan. Istilah yang harus dicari adalah asam askorbat (juga dikenal sebagai asam L-askorbat), yang merupakan bentuk Vitamin C paling stabil dan efektif dalam perawatan kulit.

Produk perawatan kulit Vitamin C terbaik untuk digunakan adalah serum karena ini lebih efektif daripada krim atau toner. Efektivitas meningkat ketika dikombinasikan dengan antioksidan lain, seperti Vitamin E, dan bersama-sama mereka dapat menawarkan perlindungan ganda terhadap kerusakan akibat radikal bebas.

Anda juga akan melihat bahwa kedua botol serum ini gelap, dan itu sengaja. Vitamin C sebenarnya rusak ketika terkena cahaya atau udara, sehingga botol kaca gelap membantu menjaga stabilitasnya dan juga kemanjurannya.

Sebagai aturan umum, serum harus dilapisi di bawah pelembab Anda.

Siapa yang harus menghindari vitamin C?

Mereka yang memiliki kulit sensitif mungkin menderita alergi atau kemerahan karena Vitamin C. Untuk menghindari hal ini, mulailah dengan konsentrasi yang lebih rendah dan juga coba area tes terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada alergi. (Siska Thresia)

86 total views, 2 views today

LEAVE A REPLY