Pemkot Depok Buat Posko Pemantauan Terpadu Nataru

0
106

www.depoktren.com–Natal dan Tahun Baru (Nataru), Pemerintah Kota (Pemkot) Depok membuat Posko Pemantauan Terpadu. Keberadaan Posko ini sesuai dengan Surat Edaran yang diterbitkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Posko melibatkan petugas dari Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok, Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP), Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok.

“Posko tersebut, berfungsi untuk mengkoordinasikan, memfasilitasi, dan memonitoring pelaksanaan dua perayaan Nataru,” ujar Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial (Kesos) pada Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok, Sri Utomo saat Rapat Koordinasi (Rakor) di Balai Kota Depok, Senin (23/12/2019).

Pihaknya, lanjut Sri juga akan meminta Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok untuk menyiapkan tanaman-tanaman di posko tersebut, agar tidak terlihat gersang. “Biar terlihat indah maka kita minta dibuatkan taman di posko tersebut,” ucapnya.

Menurut Sri, ada tiga aspek yang harus dipantau pemerintah daerah saat Nataru, yakni kesiapan moda transportasi terkait sarana dan prasarana (sarpras), pengamanan harga barang pokok dan Bahan Bakar Minyak (BBM), serta ketertiban masyarakat.

Terkait moda transportasi, menjadi tanggung jawab dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok. Adapun terkait pengamanan harga barang, menjadi tugasnya Tim Pencegah Inflasi Daerah (TPID) Kota Depok, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok, dan Bagian Ekonomi pada Sekretariat (Setda) Kota Depok.

“Sedangkan untuk ketertiban masyarakat, menjadi wilayah tugasnya Satpol PP dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas),” tegas Sri.

Sri juga meminta kepada pamong camat dan lurah untuk meningkatkan kewaspadaan dan keamanan di masing-masing wilayah. Peningkatan kewaspadaan ini, bisa melibatkan masyarakat sekitar untuk saling berkomunikasi, apabila ditemukan hal-hal yang berpotensi memicu konflik.

“Seperti rumah kosong atau menjaga kalau ada persinggungan perayaan, untuk segera dikomunikasikan pada pimpinannya,” pungkas dia. (Papi Ipul)

 106 total views

LEAVE A REPLY