Habib Muhsin: NKRI Kokoh Karena Rakyatnya Beragama

0
395

www.depoktren.com–Terwujudnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang kuat dan kokoh lantaran rakyatnya beragama, dan menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan.

Hal itu dikatakan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Depok, Habib Muhsin Alatas, saat menjadi pembicara dalam kegiatan sarasehan dan diskusi yang digelar di RM Simpang Raya, Jalan Margonda, Sabtu (28/12/2019).

Dipaparkan Habib Muhsin, terbentuknya negara Indonesia tak lepas dari peran kerajaan-kerajaan dan 300-an kesultanan yang tersebar di bumi Nusantara. Saat itu semuanya menganut agama, meski secara teologi setiap penganutnya memilikiĀ penafsiran dan pemahaman ketuhanan yang berbeda.

“Didasarkan fakta sejarah itulah, saya berani mengatakan bahwa sejak dahulu identitas atau jati diri bangsa Indonesia adalah sebagai bangsa yang beragama, dan menjunjung tinggi nilai-nilai agama,” ujar Habib Muhsin.

Nilai-nilai agama yang dimaksud Habib Muhsin adalah segala sesuatu yang berorientasi kepada kebaikan, seperti kebaikan pemikiran, keyakinan, etika, kebaikan akhlak, dan lainnya.

Meski diakui Indonesia bukanlah negara agama, namun Habib Muhsin meyakini nilai-nilai keagamaan sangat dijunjung tinggi oleh bangsa Indonesia, sejak dahulu hingga sekarang.

Sarasehan dan diskusi yang mengusung tema “Peran FKUB Dalam Merajut Kebangsaan” juga menampilkan pembicara kedua, yaitu I Nyoman Budastra.

Sebelumnya Haji Ahmad Dahlan selaku moderator membuka kegiatan tersebut dengan berpantun, Pilar meja berwarna cerah, pohon sukun dekat pisang gepok, biar kita beda kepercayaan, hidup rukun di Kota Depok.

Selain Ketua FKUB Depok beserta jajarannya, kegiatan tersebut juga dihadiri Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna, Kepala Kesbangpol Depok Hakim Siregar, Kapolresta Depok AKBP Azis Andriansyah, Danramil Beji yang mewakili Komandan Kodim 0508, perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok, perwakilan Kantor Kementerian Agama Kota Depok, para pemuka agama (dari berbagai agama), serta perwakilan ormas di Kota Depok.

Dalam sambutannya, Kapolres Depok, Azis Andriansyah, mengapresiasi ajang diskusi dan sarasehan yang digelar FKUB Kota Depok.

Menurutnya, peran organisasi ini tidak hanya merukunkan antar umat beragama dan merawat keberagaman, tapi juga membantu kepolisian dalam memelihara dan menstabilkan situasi keamanan.(amr)

 395 total views

LEAVE A REPLY