Kelurahan Mekarjaya Gagas Kampung Berbudaya Lingkungan

0
112

www.depoktren.com–Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok berkomitmen ingin membangun kelurahannya menjadi wilayah yang bersih, sehat, hijau, dan ramah lingkungan. Konsepnya, Kampung Berbudaya Lingkungan atau ecovillage.

“Ecovillage adalah desa atau kampung berbudaya lingkungan, yang masyarakatnya mampu mengelola lingkungan sesuai dengan kaidah keberlanjutan, yakni meliputi konservasi, pemanfaatan, dan pemulihan lingkungan,” ujar Lurah Mekarjaya, Zainal Arifin di Kantor Kelurahan Mekarjaya, Sabtu (28/12/2019).

Dia mengutarakan, pihaknya sudah melakukan rapat dengan Ketua RT, RW dan LPM. “Kami sudah rapat dengan Ketua RT-RW, LPM, dan tokoh masyarakat untuk menyamakan persepsi terkait ecovillage. Keberadaan Kampung Berbudaya Lingkungan dimaksudkan agar masyarakat memahami persoalan, potensi, dan kebutuhan kawasan lingkungan tinggal mereka,” terang Zainal.

Menurut Zainal, saat ini pilot project dari program pengembangan ecovillage baru dilaksanakan di RW 05. Dengan membuat sumur atau lubang biopori dan menambahkan pohon, sebagai upaya penghijauan di lingkungan. “Selain itu, saya juga mengimbau pada perangkat RT-RW agar kembali menggalakkan program pemilahan sampah,” tuturnya.

Nantinya, lanjut Zinal, ecovillage ini juga untuk mendukung program Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) 2020. “Mudah-mudahan, program ini berjalan dengan baik, sehingga di tahun berikutnya bisa ditindaklanjuti dengan menambah penerapan pengembangan ecovillage di RW lainnya,” pungkasnya. (Papi Ipul/Rus)

 114 total views

LEAVE A REPLY