Musim Hujan, Situ Rawa Besar Kerap Meluap, Membanjiri Pemukiman Warga

0
124

www.depoktren.com–Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok akan mengkaji luapan air yang terjadi di sempadan Situ Rawa Besar, Kecamatan Pancoran Mas. Meluapnya air dari situ tersebut disinyalir bukan dampak dari revitalisasi yang sedang dikerjakan saat ini, tapi memang kerap terjadi saat musim penghujan dan membanjiri pemukiman warga.

“Ada tiga hal yang nantinya masuk dalam kajian. Pertama, menyiapkan pompa air sementara untuk menyedot genangan air. Kedua, melakukan pelebaran outlet Situ Rawa Besar ke arah Beji. Ketiga, melakukan penertiban bangunan ilegal serta pembebasan lahan untuk Ruang Terbuka Hijau (RTH),” ujar Kepala DPUPR Kota Depok, Dadan Rustandi, di Balai Kota, Jumat (27/12/19).

Dadan mengatakan, meluapnya air Situ Rawa Besar dianggap wajar mengingat saat ini tengah dilakukan revitalisasi. Hal itu menyebabkan situ tersebut belum berfungsi secara optimal.

“Kami sudah melakukan pengangkatan sedimen lumpur agar bisa maksimal dalam penyerapan air. Namun, intensitas hujan yang tinggi, ditambah wilayah itu berada di dataran rendah, yang dulunya mungkin sebagai resapan, maka genangan air tidak bisa dihindari,” terangnya.

Dia menjelaskan, untuk batas garis sempadan situ idealnya berada di 50 meter dari permukaan air tertinggi. Jika ada bangunan liar (bangli) yang berada di garis tersebut, pihaknya akan melakukan penertiban bekerjasama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

“Kami juga akan menjalin komunikasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Depok terkait tindak lanjut dari garis sempadan ini. Serta menyampaikan tiga hal yang masuk dalam kajian. Mudah-mudahan sinergisitas yang dibangun bisa menjadikan revitalisasi situ yang berkelanjutan dan komperehensif,” pungkas Dadan. (Wahyu Gondrong)

 124 total views

LEAVE A REPLY