2020, Perang Dagang Masih Jadi Tantangan IHSG

0
103

www.depoktren.com–Analis Valbury Asia Futures, Lukman Leong mengatakan perang dagang masih akan menjadi tantangan bagi pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di 2020. Kesepakatan perang dagang bisa menjadi sentimen negatif. “Saya kira IHSG akan sangat tergantung pada kesepakatan trade war,” kata Lukman, Senin (30/12/2019).

Lukman melihat ketidakpastian ekonomi akibat perang dagang masih akan mendominasi di tahun depan. Menurutnya, kinerja IHSG pada tahun depan bahkan bisa lebih buruk dibandingkan tahun ini.

Diperkirakan IHSG akan lebih cenderung terkoreksi hingga dibawah level 6000. Selain karena perang dagang, menurut Lukman pelemahan IHSG juga akan terdampak oleh bursa di Amerika Serikat yang rentan terkoreksi. Hal tersebut tentunya akan mempengaruhi sentimen IHSG.

Para investor agar lebih berhati-hati dalam berinvestasi. Dia merekomendasikan, agar para investor sebaiknya menghindari menanam investasi di perusahaan yang bergerak di bidang transportasi dan perhotelan.

“Tahun ini penerbangan udah turun, dengan biaya bahan bakar meningkat akan menekan industri travel dan pariwisata. Saya kira sektor energi masih bagus, dan harga energi masih akan naik,” tutur Lukman.

Lain halnya dengan proyeksi dari Jasa Utama Capital Sekuritas. Analis Chris Apriliony optimistis, kinerja IHSG akan membaik pada 2020 mendatang. Dia pun menargetkan IHSG bisa menembus level 6700.

Menurut Chris, IHSG akan banyak dipemgaruhi oleh sentimen positif di tahun depan mulai dari penguatan rupiah hingga realisasi pemindahan ibu kota. “Selain itu, kinerja perusahaan yang masih bertumbuh seiring berakhirnya perang dagang,” terang Chris. (Siska Thresia)

 103 total views

LEAVE A REPLY