Pembangunan Alun-alun Kota Depok Selesai, Warga Sudah Bisa Memanfaatkan, Bermain dan Berolahraga

0
185

www.depoktren.com–Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok telah merampungkan pembangunan Alun-alun Kota Depok tahap kedua. Alun-alun seluas 3,9 hektar tersebut berada di area Grand Depok City (GDC), Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong, Kota Depok.

“Alhamdulillah, pembangunan Alun-alun Kota Depok tahap kedua dilahan seluas 1,8 hektar sudah selesai 100 persen sejak 27 Desember 2019 lalu. Saat ini sedang dilakukan pembersihan dan pengecekan terhadap infrastruktur yang sudah dibangun,” ujar Kepala Bidang Tata bangunan, Disrumkim Kota Depok, Suwandi di Balai Kota Depok, Selasa (31/12/2019).

Menurut Suwandi, pada pembangunan Alun-alun Kota Depok tahap kedua, terdapat beberapa infrastruktur yang menjadi prioritas. Antara lain pintu masuk utama, area penurunan penumpang, dinding mural, parkir pengelola, jembatan utama, dan kolam retensi.

Kemudian, ada panggung mengapung, area duduk (amphitheater), pendopo, taman bermain anak, taman lansia, galeri UMKM, rumah kaca (green house), co-working space, dan menara pandang.

“Anggaran pembangunan Alun-alun Kota Depok tahap kedua berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok, dengan total anggaran sebesar Rp 50 miliar. Rencananya Alun-alun Kota Depok akan diresmikan pada Januari 2020,” ungkap Suwandi.

Kepala Disrumkim Kota Depok, Dudi Miraz menjelaskan, pembangunan Alun-Alun Kota Depok dikerjakan sejak 2018 (Tahap I) dan 2019 (Tahap II) oleh PT Merdeka Inti Persada selaku kontraktor.

“Untuk keseluruhan pembangunan Alun-alun Kota Depok dianggarkan dana Rp.90 miliar. Seluruhnya diambil dari APBD Kota Depok,” jelasnya.

Menurut Dudi, Dalam membangun Alun-alun Kota Depok ini, pihak kontraktor meminta masukan dari komunitas yang nantinya menggunakan fasilitas tersebut.

“Mulai dari tempat duduk yang terbuat dari beton khusus yang menyerupai kayu namun padat. Kemudian lantai berukiran belimbing sebagai ikon Depok, serta lapisan yang digunakan untuk jalan terbuat dari material khusus. Insya Allah, pada awal Januari 2020, warga sudah dapat memanfaatkannya, bermain dan berolahraga di Alun-alun Kota Depok,” terangnya. (Siska Thresia)

 184 total views

LEAVE A REPLY