Warga Sambut Eforia Peresmian Alun-Alun Kota Depok, Beberapa Fasilitas Rusak

0
425

www.depoktren.com–Ribuan warga eforia menyambut peresmian Alun-Alun Kota Depok yang berada di Jalan Boulevard, Grand Depok City (GDC), Kota Depok, Minggu (12/1/2020).

Peresmian alun-alun tersebut ditandai dengan pemukulan gendang secara bersama oleh Wali Kota Depok Mohammad Idris yang didampingi Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna dan Wakil Ketua DPRD Kota Depok Yeti Wulandari, Dandim 0508 Depok Kolonel Agus Isrok Mikroj serta Kapolres Metro Depok Kombes Pol Azis Andriansyah.

“Alhmadulillah, saya resmikan Alun-Alun Kota Depok dan seluruh warga Kota Depok sudah dapat memanfaatkan semua fasilitas yang disediakan,” ujar Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

Menurut Idris, pembiayaan pembangunan alun-alun seluas 3,2 hektar dilakukan dua tahap sejak 2018 dan selesai pada akhir 2019. Anggaran biaya menggunakan APBD Kota Depok dengan perincian untuk konstruksi menelan biaya sebesar Rp 160 miliar dan biaya pembebasan tanahnya sebesar Rp 40 miliar. Totalnya menghabiskan biaya Rp 200 miliar.

Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna mengatakan Alun-Alun Kota Depok dengan luas keseluruhan 3,9 hektar itu memiliki komposisi 7.500 meter persegi untuk sarana dan prasaran bangunan dan 3,15 hektar untuk RTH.

“RTH itu sangat dibutuhkan masyarakat. Dan, keberadaan alun-alun bisa meningkatkan kualitas ozon di atmosfer hingga terciptanya oksigen bersih dan sehat, serta berfungsi untuk menunjang kelestarian air dan tanah. Kami berkomitmen akan terus berupaya pemenuhan RTH di Kota Depok,” terangnya.

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disrumkim) Kota Depok, Dudi Miraz menjelaskan, ada beragam fasilitas olahraga santai, seni dan budaya serta aktivitas sosial, ekonomi dan rekreasi yang dapat dinikmati warga di Alun-Alun Kota Depok yang dibuka setiap hari, mulai pukul 05.00 WIB hingga 23.00 WIB.

Pintu masuk utama yang cukup besar dan megah juga disediakan area penurunan penumpang, dan parkir yang cukup luas. Kedatangan pemgunjung akan disambut dinding mural, jembatan utama, dan kolam retensi.

Kemudian, pengunjung dapat menikmati menara pandang, pendopo, taman bermain anak, lapangan terbuka hujau dan taman, taman sclupture dan dermaga taman baca. Lalu ada children playground, galeri (dua lantai), area duduk (amphitheatre), taman lansia, galeri UMKM, dan rumah kaca (green house), working space. Juga dilengkapi sentra usaha mikro (UMKM), serta juga ada panggung terapung dan rumah ibadah mushalla terapung.

Selain itu warga dapat berolahraga, jogging track, jalan santai, outdoor gym, arena skateboard, arena sepeda BMX, wall climbing, futsal dan basket.

Beragam acara disajikan saat peresmiam Alun-Alun Kota Depok yang sangat mendapat sambutan dan antusias ribuan warga yakni, ada Community in Action dari komunitas skateboard, sepeda BMX, basket, futsal, wall climbing, mural dan senam.

Lalu ada, Hiburan Rakyat seperti penampilan Bang Ochid, Glass Band, Sanggar Ayodyapala, Sanggar Cantika, Sanggar Ayodya Studio, Sanggar Dhero, Sanggar Dwipayana, Sanggar Kartika, Sanggar Satya Manggala, Rampak Beduk dan Gendang Bojongsari.

Selain itu, ada final lomba nyanyi vokal solo dan penampilan bintang tamu, penyanyi Titiek Sandhora, Lucky Idol dan Koko Thole. Warga yang datang saat peresmian juga mendapatkan 3.000 doorprize yang disediakan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

Tapi, sayangnya, warga kurang kesadaran menjaga kebersihan dan kondisi sarana dan prasarana di Alun-Alun Kota Depok. Belum apa-apa, banyak fasilitas yang rusak dan sampah berserakan dimana-mana. Fasilitas yang rusak yakni tiang lampu dan huruf P ditulisan Alun-Alun Kota Depok patah.

“Kami berharap warga Depok dapat menikmati dan memanfaatkan beragam fasilitas yang disediakan dan juga kesadaran warga untuk menjaga kebersihannya serta merawatnya sebagai milik bersama,” harap Dudi. (Siska Thresia)

 425 total views

LEAVE A REPLY