Disdagin Depok Dorong Pelaku IKM Lakukan Ekspor

0
71

www.depoktren.com–Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok terus mendorong pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) untuk melakukan ekspor atau memasarkan produknya hingga ke luar negeri. Salah satu upayanya melalui pelatihan secara rutin.

Kepala Disdagin Kota Depok, Zamrowi mengatakan, pelatihan yang rutin diberikan berupa pelatihan ekspor. Pelatihan tersebut dimaksudkan untuk menyiapkan mental pelaku IKM agar bisa melakukan ekspor.

“Kami terus dorong IKM untuk go internasional, bisa ekspor produk usahanya ke luar negeri. Kami siapkan pelatihan eskpor, sertifikasi, dan kebutuhan lainnya,” ujar Zamrowi di Balai Kota Depok, Senin (27/1/2020).

Menurut Zamrowi, saat ini terdapat beberapa pelaku IKM yang mulai melakukan ekspor. Salah satunya pelaku IKM di Pekapuran, Kecamatan Tapos yang sudah memasarkan produknya sampai ke Belanda. “Kalau tidak salah pelaku usahanya anak muda. Dia sudah ekspor bumbu dapur dalam beberapa tahun ini,” ungkapnya.

Dia menambahakan, selain pelatihan ekspor, pihaknya juga memberikan pelatihan lainnya, antara lain pelatihan makanan olahan hingga pengemasan (packaging). “Mudah-mudahan kerajinan tangan (craft) dan kuliner di Kota Depok juga bisa dipasarkan hingga ke luar negeri,” pungkas Zamrowi. (Siska Thresia)

 71 total views

LEAVE A REPLY