Cegah Virus Corona, Warga Depok Harus Rutin Vaksinasi

0
136

www.depoktren.com–Unit Pelaksana Fungsional (UPF) Puskesmas Kalimulya mengimbau warga agar rutin vaksinasi. Hal tersebut bertujuan untuk mengantisipasi penularan virus corona yang saat ini telah menjangkiti ribuan orang di China.

“Virus corona merupakan virus baru yang menyerang saluran pernapasan. Kita bisa mengantisipasinya dengan vaksinasi pencegahan Pneumonia (infeksi paru-paru). Seperti, vaksin DPT, Hib, campak, PCV, dan influenza,” ujar Kepala Puskesmas Kalimulya, Toni Hermawan, Minggu (2/2/2020).

Dia mengutarakan, saat ini beberapa vaksin tersebut telah tersedia di setiap Puskesmas dengan jadwal vaksinasi yang berbeda-beda. Di Puskesmas Kalimulya dilaksanakan setiap Hari Selasa dan Kamis. “Jadwal vaksinasi di setiap Puskesmas tidak sama. Biasanya dua kali dalam seminggu,” terangnya.

Menurut Toni, selain vaksinasi, virus corona juga dapat dicegah melalui beberapa langkah. Di antaranya, Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), menggunakan masker, mengonsumsi buah dan sayur, rajin berolahraga, istirahat yang cukup, tidak mengonsumsi daging mentah, dan waspada kontak dengan hewan. “Masyarakat harus tetap tenang, tidak panik, dan selalu waspada dengan penyebaran virus tersebut,” pungkasnya. (Siska Thresia)

 136 total views

LEAVE A REPLY